blank
PEDANG PORA: Kompol Wakijo beserta istri mengikuti prosesi Upacara Pedang Pora pada acara pelepasan personel Polres Grobogan yang purna bhakti. Upacara ini dilaksanakan di halaman Mapolres Grobogan. Foto: Hana Eswe

GROBOGAN (SUARABARU.ID)– Sebanyak tujuh personel Polres Grobogan menjalani Wisuda Purna Bhakti di Mapolres Grobogan, Kamis (2/1/2020). Upacara ini digelar bagi para anggota Polri dan PNS, yang bertugas di Polres Grobogan.

Prosesi ini ditandai dengan Upacara Pedang Pora, yang dilaksanakan di halaman depan Mapolres Grobogan. Hadir dalam acara ini, Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri beserta pejabat utama, para periwra dan bintara, juga pengurus Bhayangkari Grobogan.

BACA JUGA : Jepara Kekurangan ASN 2500 Orang Lebih

Para personel yang purna tugas ini, terdiri dari personel Polri dan jajaran PNS Polres Grobogan. Mereka merupakan anggota yang pensiun sampai Januari 2020. Dalam Upacara Pedang Pora ini, para personel mendapatkan pengalungan bunga melati didampingi istri dengan membawa buket bunga tangan.

Kapolres Grobogan AKBP Ronny Tri menjelaskan, pelepasan terhadap para personel yang purna tugas dengan menggunakan Upacara Pedang Pora, dimaksudkan guna memberikan penghargaan kepada para senior yang telah menjalani masa pensiun.

”Ibarat ketika mereka datang, terlihat dada dan ketika pergi terlihat punggung. Kepada mereka yang telah mengabdikan diri di institusi Polri, selayaknya untuk diberikan penghormatan,” jelas AKBP Ronny, sapaan akrabnya.

Silaturahmi
Pihaknya juga mengucapkan terima kasih kepada para personel yang telah mengabdikan diri bertugas di Polres Grobogan, sampai akhir masa tugasnya. Menurutnya, mereka sudah memberikan pengabdian yang tulus demi negara, bangsa dan masyarakat.

”Meski telah menjalani pensiun, kami berharap para personel yang sudah purna tetap menjalin hubungan silaturahmi dengan Polres, serta terus dapat mengabdikan dirinya kepada masyarakat di lingkungannya, sesuai dengan kemampuan masing-masing,” pesan Kapolres.

Terlihat dalam upacara purna tugas ini, Kompol Wakijo, yang masa tugasnya habis per Desember 2019 lalu. Sebelum purna, Kompol Wakijo menjabat sebagai Kapolsek di Polsek Penawangan dan Polsek Kradenan. Pada November 2019, dirinya dipindahtugaskan sebagai Pamen Polres Grobogan, dalam rangka persiapan pensiun.

Hana Eswe/Riyan