blank
PANEN PADI: Sejumlah anggota Babinsa dari Koramil 14/Sekoharjo Kodim 0707/Wonosobo, terlihat tengah membantu petani panen padi, di Dusun Paseran Desa Sukoharjo Kecamatan Sukoharjo. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan di wilayahnya, anggota Babinsa Koramil 14/Sukoharjo, Kodim 0707/Wonosobo bersama unsur terkait lainnya, melakukan pendampingan dan pengawalan dengan membantu panen padi petani.

Segenap anggota Babinsa Koramil 14/Sukoharjo membantu anggota Kelompok Tani (Poktan) Sido Unggul di lahan milik Cahyono, untuk membantu memanen padi jenis Ciherang, di lahan seluas satu hektar di Dusun Paseran Desa Sukoharjo, Wonosobo.

BACA JUGA : Kapolres dan Bupati Cek Pos Pengamanan Nataru

Danramil 14/Sukoharjo Kapten Listiyono, Selasa (24/12) mengatakan, anggota TNI terjun langsung membantu petani. Dan tidak saja pada saat panen, tapi juga ketika petani menggarap lahan dan menyiangi tanaman padi.

”Setiap anggota Babinsa secara rutin wajib melakukan pembinaan dan patroli wilayah. Saat ada agenda keramaian di desa, anggota TNI melakukan pengamanan bersama jajaran Polri dan Satlinmas, guna tetap menjaga kondusivitas Kamtibmas,” katanya.

Bila ada petani kebetulan tengah menggarap lahan, menyiangi tanaman atau panen padi, imbuhnya, anggota TNI langsung terjun ke sawah, untuk membantu. Keterlibatan anggota TNI ke lahan sawah ini, sebagai bentuk perhatian terhadap peningkatan ketahanan pangan di masyarakat.

Giat Bertani
Beberapa anggota Babinsa saat itu ikut memanen padi di lahan milik Cahyono. Bantuan yang diberikan dimulai dari proses memotong tanaman padi, hingga nggepyok dan mengangkut hasil panen ke jalan, untuk selanjutnya dibawa ke rumah petani.

”Petani Cahyono panen padi kedua di tahun ini. Hasil yang didapat cukup banyak, karena satu hektar lahan bisa menghasilkan 5,3 ton padi. Hasil panen padi biasanya langsung dijual ke pedagang padi, dan sebagian dikeringkan untuk dijadikan beras,” sebutnya.

Babinsa yang turut membantu petani panen padi ini berharap, bisa memotivasi semangat warga dalam bertani dan bercocok tanam. Dengan turut bergabung dan berbaur bersama petani, terjadi kemanunggalan antara anggota TNI bersama masyarakat.

Muharno Zarka/Riyan