blank

KUDUS –  Persiku Kudus sukses mencetak kemenangan atas tamunya Persedikab Kediri dengan skor tipis 2-1 pada leg pertama  Liga 3 Region Zona Jawa, di Stadion Wergu Wetan, Jumat (29/11).

Dua gol Macan Muria dicetak sayap lincah Akbar Rizky di babak pertama menit 37 dan 45. Sedang satu gol balasan Persedikab juga dicetak oleh pemain pengganti Bagus Prasetya pada menit 66.

Hasil ini memperlebar peluang Macan Muria untuk bisa lolos ke zona nasional.  Persiku hanya tinggal membutuhkan hasil seri saat menghadapi leg kedua yang akan digelar di Kediri pada 3 Desember 2019 mendatang.

Tampil di hadapan ribuan suporter setianya, pelatih Subangkit menurunkan skuad utamanya. Dengan mengusung misi kemenangan, Macan Muria langsung berusaha mengambil inisiatif permainan.

Hasilnya, di masuk sepuluh menit pertama, Persiku sukses menciptakan tiga peluang matang di depan gawang Persedikab. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat peluang tersebut gagal berbuah gol.

Barulah pada menit 37, umpan lambung terobosan Ahmad Farid berhasil diterima dengan cemerlang oleh Akbar yang berdiri dengan satu kawalan pemain. Dengan kemampuan individunya, Akbar mengelabui lawan dan berhasil menceploskan bola dan mengelabuhi kiper dan bek lawan. Skor 1-0 untuk Persiku.

Menjelang akhir babak pertama, Akbar yang bebas pengawalan menerima umpan datar dari sisi kanan gawang lawan. Tanpa penjagaan, tendangan plessing pun langsung diarahkan ke tiang jauh. Kiper lawan yang terlalu ke depan pun tak bisa menghalau laju bola. Skor 2-0 akhiri babak pertama.

Sayangnya, penampilan apik di babak pertama tidak berlanjut di babak kedua. Apalagi, Persedikab langsung melakukan kontra strategi dengan menempatkan tiga striker di depan.

Alhasil, tim asal Kota Kediri tersebut berhasil memperkecil kekalahan setelah di menit 66, pemain Persedikab Bagus Prasetyoa sukses mencuri gol. Skor pun tidak berubah hingga akhir laga. Pesiku Kudus menang 2-1 atas tamunya.

 

Menanggapi hasil tersebut, Pelatih Persiku Kudus Subangkit mengaku lega bisa meraih kemenangan di leg pertama laga kandangnya. Walau memang ada beberapa evaluasi yang harus dibenahi untuk menuju leg kedua pada tiga Desember mendatang.

“Kita syukuri saja kemenangan hari ini, selanjutnya kami akan berusaha sekuat tenaga di leg kedua,” ucapnya.

Selain itu, Bangkit mengakui jika ada penurunan motivasi di babak kedua. Para pemainnya kerap kali salah umpan dan akhirnya menghasilkan kemelut. Skema yang diterapkan pun diakui hanya bisa berjalan di babak pertama.

“Kami sedikit menurun di babak kedua, ini akan dievaluasi, terutama pada sektor pertahanan,” ucapnya.

Sementara Asisten pelatih Persedikab Gidion Fendi menyebut anak asuhnya telah bermain dengan maksimal. Hasil yang diraih pada laga sore tadi juga dirasa bukan hasil yang buruk. Gidi menyebut, skor 2-1 adalah skor yang pantas. “Skor ini pantas bagi kami yang melawan penguasa Jawa Tengah,” katanya.

Untuk laga home di leg kedua nanti, pihaknya takan berupaya sekuat tenaga untuk membalikkan agregat dan memenangi laga. “Kami akan evaluasi, kami akan berjuang di laga home,” tandasnya.

Suarabaru.id/Tm