blank
Peserta lomba karawitan Hari Guru di Kebumen berfoto dengan baju adat Kebumen sebelum berlomba di Gedung PGRI Jalan Kaswari.

KEBUMEN – Memperingati dan memeriahkan Hari Guru Nasional 2019 serta HUT ke-74 PGRI, Pengurus PGRI Kabupaten Kebumen menggelar berbagai lomba dan kegiatan. Di antaranya lomba karawitan dan macapat sebagai upaya melestarikan warisan budaya leluhur.

Ketua PGRI Kabupaten Kebumen H Tukijan SPd melalui Sekretaris PGRI Kabupaten Kebumen Nasiran SPd MPd Kamis (28/11) menuturkan, acara lomba macapat dan karawitan telah sukses dihelat di GedungPGRI Jalan Kaswari 32 Kebumen pada Sabtu (23/11) lalu.

Nasiran yang merupakan tokoh pendidikan asal Desa Jatimulyo, Kecamatan Alian itu lebih lanjut menjelaskan, untuk cabang olah raga yang dilombakan antara lain bulutangkis, tenis meja dan bola voli. Bulutangkis digelar pada 13-14/11 di GOR Haji Ghozali Selang. Bola voli dilombakan pada 15-16/11 di dua tempat yaitu di Sport Hall SMAN2 Kebumen untuk putra dan di Lapangan PGSD UNS Kampus Kebumen di Panjer untuk putri.

Menurut Nasiran, PGRI Kebumen juga mengadakan acara jalan sehat yang telah dilaksanakan secara meriah pada Minggu 17 November lalu dengan start dan finish di Alun-alun Kebumen.”Jalan sehat ini kami gelar guna menjalin keakraban yang makin erat di antara  para anggota PGRI,”jelas dia.

Nasiran menambahkan, untuk mengapresiasi peserta lomba tersebut panitia HUT PGRI Kebumen menyediakan berbagai hadiah menarik dengan hadiah utama sepeda motor. Untuk hadiah jalan sehat telah diserahkan pada Minggu 17 November lalu. Sedangkan untuk hadiah lomba dan tanding  akan diserahkan bersamaan resepsi HUT PGRI dan Hari Guru Nasional di Mexolie Hotel pada 7 Desember mendatang.

Upacara Bendara Hari Guru Nasional dan HUT ke-74 PGRI berlangsung khidmad di Alun-alun Kebumen pada 25 November lalu. Bertindak sebagai Irup Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dihadiri unsur pejabat Forkompinda dan Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH.  Para guru dari berbagai kecamatan tumpah ruah mengikuti upacara di Alun-alun. Sehabis upacara, para guru berfoto bersama Wakil Bupati Kebumen.

Suarabaru.id/Komper Wardopo