blank
Sekda Joko Budiyono saat menerima tim surveyor akreditasi puskesmas, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG – Tim surveyor akreditasi melakukan penilaian terhadap dua puskesmas di Kota Magelang. Yaitu Puskesmas Magelang Tengah dan Puskesmas Magelang Selatan. Kedatangan tim disambut Sekda  Joko Budiyono beserta para tenaga kesehatan puskesmas di Hotel Puri Asri, Rabu malam (23/10).

Ketua Tim Surveyor Akreditasi, Didik Rijadi menjelaskan, akreditasi adalah satu tahap penilaian untuk mengetahui  apakah puskesmas sudah bekerja sesuai standar, meningkatkan mutu dan kinerja.

‘’Jadi apakah puskesmas sudah sesuai standar. Standar itu bisa pedoman, keputusan kepala puskesmas, bisa indikator-indikator lain. Kalau sudah kerja sesuai standar makan bisa dikatakan bermutu,’’ terangnya.

Didik menerangkan, tugas tim surveyor akreditasi adalah memotret bagaimana kinerja puskesmas dalam kurun waktu tiga tahun terakhir. Sementara hasil atau penentuan apakah puskesmas tersebut lolos atau tidak adalah kewenangan komisi.

‘’Akreditasi ini menjadi penting, kalau dulu tahun 80-90 an kita bicara akses, kalau sekarang mutu, karena kita sudah ada tenaga dan alat. Termasuk bagaimana keselamatan pasien dan petugas kesehatan,’’ ujarnya.

Sekda Kota Magelang Joko Budiyono menyambut baik kedatangan tim akreditasi yang melakukan penilaian terhadap puskesmas di Kota Magelang. Akreditasi ini penting, agar kualitas pelayanan kesehatan terjaga, mampu diintegrasikan dan dibudayakan.

‘’Sebagai lini terdepan dalam melayani kesehatan masyarakat, puskesmas diharapkan terus berkomitmen meningkatkan  kapabilitas, kepercayaan dan kepuasan masyarakat,’’ tuturnya.

Joko menjelaskan, berbagai upaya telah diupayakan, antara lain dengan pengembangan sistem manajemen mutu, upaya perbaikan kinerja yang berkesinambungan baik dalam pelayanan klinis, manajemen dan penyelenggaraan kesehatan lainnya.

‘’Kami mendukung adanya akreditasi puskesmas di Kota Magelang. Harapan kami predikat utama atau paripurna bisa diraih,’’ harap Joko. (hms)

Editor : Doddy Ardjono