PDG Akuisisi Portofolio Bisnis Data XL Axiata
(ist.)

JAKARTA – Princeton Digital Group (PDG), investor, pengembang dan operator infrastruktur internet berbasis di Singapura telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi 70% kepemilikan pada portofolio bisnis layanan data center PT XL Axiata.

XL Axiata sendiri merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia dan memiliki lima data center berkualitas tinggi yang tersebar di seluruh Indonesia.

Joint venture PDG Data Centres akan mendukung eksistensi strategis PDG di Indonesia sebagai negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025. Perusahaan patungan ini akan menjadi operator data center dengan kemampuan bertumbuh secara signifikan untuk melayani perusahaan hyperscalers, unicorn domestik, korporasi, dan perusahaan telekomunikasi.

“Kami sangat senang dapat bermitra dengan XL Axiata dalam bisnis patungan ini. PDG bermaksud untuk memperbesar kapasitas data center yang sudah ada serta membangun satu data center hyperscale di akhir tahun ini,” kata Rangu Salgame, Chairman dan CEO PDG.

Rangu mengatakan, dengan investasi lanjutan tersebut maka joint venture ini akan menjadi pemimpin pasar di Indonesia serta salah satu operator data center terbesar di Asia Tenggara. Bagi PDG sendiri, tujuan investasi tersebut jelas untuk meningkatkan kompetensi mumpuni dalam infrastruktur internet global guna membangun portofolio pan-Asian multi-billion digital infrastructure.

Sementara itu, Dian Siswarini selaku Presiden Direktur dan CEO XL Axiata mengatakan pihaknya sangat senang bisa menjalin kemitraan dengan PDG.

“Pengetahuan dan sepak terjang XL Axiata di industri telekomunikasi dikombinasikan dengan PDG di bidang teknologi global, menjadikan entitas baru ini, sebagai mitra pilihan untuk para penyedia layanan digital berskala besar dan perusahaan multinasional yang secara pesat memperluas operasi mereka di Indonesia dan di kawasan Asia,” katanya. (suarabaru.id/hp)