blank
Mantan Wali Kota Magelang dua periode 2000-2010 H Fahriyanto meninggal dunia, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Mantan Wali Kota Magelang dua periode 2000-2005 dan 2005-2010 H Fahriyanto (72), Senin (3/6) pukul 17.55 meninggal dunia di RS Tugu Semarang, karena sakit.

Jenazah politikus PDI Perjuangan itu dimakamkan Selasa (4/6) di Desa Semirejo, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang.

Rumah duka yang berlokasi di Kampung Bogeman Wetan RT 02/RW 02 Kelurahan Panjang, Kecamatan Magelang Tengah, sejak Senin malam dipenuhi pengurus, kader dan simpatisan PDI Perjuangan Kota Magelang dan daerah sekitarnya.

Upacara pelepasan jenazah dihadiri Ketua DPD PDI Perjuangan Jateng Bambang Wuryanto, Wali kota Magelang Sigit Widyonindito dan wakilnya Windarti Agustina, Ketua DPRD Kota Magelang Budi Prayitno dan para kepala OPD dan staf  Pemkot Magelang serta pensiunan PNS pemkot setempat.

Juga hadir Bupati Magelang Zaenal Arifin, mantan Bupati Magelang Singgih Sanyoto,  pengurus, kader dan simpatisan PDI Perjuangan.

Bahkan Wali Kota Sigit Widyonindito ikut pula mengusung keranda yang membawa jenazah mantan Wali Kota Magelang tersebut.

Pada periode pertama masa jabatannya, H Fahriyanto berpasangan dengan almarhum Christian Sutedja. Kala itu sistem pemilihan wali kota dan wakil wali kota melalui DPRD.

Pada periode kedua almarhum berpasangan dengan Kol (Purn) Noor Muhammad. Sistem pemilihannya menggunakan pemilihan langsung.

H Fahriyanto juga pernah menjadi anggota  DPRD Kota Magelang hingga menjabat Ketua DPRD pada 1999-2000. Juga pernah menjabat sekretaris hingga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Magelang.

Almarhum meninggalkan seorang istri,  Tarmi, dua anak serta tiga cucu. Dua anak almarhum adalah Eva Kusumaningrum dan Evin Septa Hariyanta Kamil. Putra kedua Fahriyanto, Evin  Hariyanta Kamil, saat ini menjabat anggota DPRD Kota Magelang. (hms)

Editor : Doddy Ardjono