blank
Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2019, (Humas Pemkot Magelang)

 

MAGELANG- Wali Kota Magelang Sigit Widyonindito memimpin apel gelar pasukan Operasi Ketupat Candi 2019 di Alun-alun Selatan, Selasa (28/5). Kegiatan ini untuk mempersiapkan personil keamanan menghadapi  Idul Fitri 1440H/2019.

Apel diikuti sejumlah personil Polres Magelang Kota, TNI, Dinas Perhubungan, UPTD Pemadam Kebakaran, Satpol PP dan Linmas, PSC 119, PMI Kota Magelang dan Pramuka.

Sigit mendukung upaya aparat dalam menjamin keamanan momen hari raya di Kota Magelang, termasuk upaya membuat lancar arus lalu lintas saat arus mudik dan balik. Tujuannya agar masyarakat merasakan aman dan nyaman saat merayakan lebaran.

Sigit juga berpesan kepada masyarakat supaya tidak berlebihan merayakan lebaran. Mengingat saat ini bersamaan dengan tahun ajaran baru.  ‘’Tidak perlu berlebihan merayakan lebaran, sederhana saja, prioritas pendidikan anak-anak kita demi masa depan mereka,’’ pintanya.

Kapolres Magelang Kota AKBP Idham Mahdi menerangkan,  pada Operasi Ketupat Candi 2019  pihaknya menerjunkan sebanyak 322 personil dibantu dengan unsur TNI, Dinas Perhubungan, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya. Operasi Ketupat Candi digelar mulai 29 Mei 2019 – 10 Juni 2019. Operasi ini meliputi keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas.

‘’Operasi fokus pada perpindahan orang dan barang, arus mudik, pengamanan pertokoan, pasar-pasar yang menjadi keramaian masyarakat. Termasuk pengamanan pelaksanaan shalat Idul Fitri di masjid maupun lapangan terbuka dan mako Polres Magelang Kota,’’ tutur Idham, usai gelar pasukan.

Dia mengemukakan Polres Magelang Kota mendirikan setidaknya lima pos pengamanan. Antara lain di Terminal Tidar, simpang Kebonpolo, alun-alun, simpang shopping dan simpang Hotel Trio. Pihaknya juga berkoordinasi dengan Polres Magelang dan Pemkab Magelang untuk antisipasi kemacetan di kawasan perbatasan. (hms)

Editor : Doddy Ardjono