Khusyuk : Warga binaan Rutn Kelas IIB Purwodadi terlihat khusyuk saat mengikuti shalat tarawih berjamaah, Minggu (12/5) malam. Kegiatan ini memang menjadi kewajiban bagi seluruh warga binaan dalam momen bulan Ramadhan. Foto : Hana Eswe.

GROBOGAN – Momen bulan Ramadan tahun ini dipergunakan warga binaan Rutan Kelas IIB Purwodadi untuk melakukan kegiatan yang baik. Di bulan suci tersebut mereka yang beragama Muslim diwajibkan melakukan ibadah puasa, shalat tarawih dan tadarus.

Hal tersebut seperti yang terlihat pada Minggu (12/5) kemarin. Usai berbuka puasa di masing-masing sel, para warga binaan langsung menuju ke masjid yang berada di dalam rutan tersebut  untuk mengikuti shalat tarawih berjamaah. Suasana khusyuk dan khidmat terasa dalam momen tersebut.

Usai shalat tarawih, para warga binaan tidak langsung kembali ke sel. Sebagian dari mereka melakukan tadarus bersama-sama. Lagi-lagi, suasana khidmat juga terasa pada kegiatan tersebut.

Menurut Kepala Rutan Kelas IIB Purwodadi, Surrakhmat melalui Kasubsie Pelayanan Tahanan Heri Dwi Siswanto mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan saat bulan Ramadhan. Sama seperti tahun sebelumnya, warga binaan yang beragama muslim diwajibkan untuk berpuasa, shalat tarawih dan juga tadarus. Di samping itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mempersiapkan diri menuju hari kemenangan.

Siapkan Pelayanan Idul Fitri : Kasubsie Pelayanan Tahanan Rutan Kelas IIB Purwodadi, Heri Dwi Siswanto menjelaskan persiapan menjelang Hari Raya Idul Fitri juga dilakukan Rutan Klas IIB Purwodadi yakni tetap membuka layanan kunjungan yang nyaman namun masih terpantau pengawasan petugas. Foto : Hana Eswe.

“Pada hari Raya Idul Fitri juga akan ada remisi khusus untuk para napi yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan,” kata Heri, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/5).

Selain mengadakan kegiatan yang meningkatkan rasa keimanan dan ketakwaan warga binaan, Rutan Kelas IIB Purwodadi ini juga mempersiapkan diri untuk menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1440 H. Heri menjelaskan, saat hari Raya Idul Fitri nanti pihak rutan tetap membuka layanan kunjungan seperti hari biasa.

“Untuk layanan kunjungan nanti dalam rangka hari Raya Idul Fitri seperti biasa akan kita persiapkan tempat untuk pengunjung. Kita dirikan tratak di halaman lapangan supaya pengunjung dan yang dikunjungi dapat lebih nyaman. Hal tersebut tetap dalam pengawasan petugas,” ujar Heri.

Ditambahkan Heri, saat ini jumlah warga binaan Rutan Kelas IIB Purwodadi sebanyak 216 orang. Meski demikian, Heri menjelaskan pihak Rutan Kelas IIB Purwodadi melakukan kontrol setiap waktu sehingga kondisi di dalam rutan tetap kondusif.

suarabaru.id/Hana Eswe.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini