SEMARANG – Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Unissula merupakan Fakultas Kedokteran Gigi pertama yang didirikan di Kota Semarang pada tanggal 19 Mei 2008 dan saat ini telah terakreditasi nasional dengan predikat A dari LAMPTKES baik untuk program studi S1 kedokteran Gigi maupun Profesi Dokter Gigi. Pada awal tahun 2020, FKG unissula resmi terakreditasi unggul dari badan akreditasi internasional ASIC yang berbasis di Inggris.

FKG Unissula memiliki visi pada tahun 2025, menjadi fakultas kedokteran gigi terkemuka di Indonesia dalam menghasilkan dokter gigi profesional sebagai bagian dari generasi khaira ummah berdasarkan nilai-nilai Islam. Berkaitan dengan hal tersebut, FKG Unissula sangat berkomitmen untuk memenuhi tingginya ekspektasi masyarakat terhadap layanan pendidikan kedokteran gigi yang berkualitas. Sistem pembelajaran di FKG Unissula tidak lagi teacher centered learning, tetapi student centered learning dengan metode PBL (Problem Based Learning) sehingga dapat membangun para peserta didik untuk berfikir secara kritis dan terampil dalam memecahkan masalah dan juga memperoleh pengetahuan dalam waktu yang bersamaan. Dengan metode ini, FKG Unissula telah banyak mencetak para dokter gigi yang tidak hanya handal tetapi juga profesional.

Mahasiswa FKG Unissula senantiasa diberikan pengajaran terbaik di bidang kedokteran gigi yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam dan berstandar internasional. Mahasiswa juga didorong melaksanakan dan mengembangkan penelitian dan publikasi ilmiah dengan kualitas terbaik sesuai dengan Islam disiplin ilmu, dalam rangka pengembangan ilmu Kedokteran Gigi. Untuk mempertajam penguasaan ilmu dibidang kedokteran gigi serta menambah wawasan internasional para mahasiswa Kedokteran Gigi Unissula juga dapat mengikuti program elektif ke luar negeri.

“Program elektif ke luar negeri ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Unissula untuk menambah wawasan internasional di bidang kedokteran gigi, selain itu mahasiswa juga bisa belajar banyak hal seperti jurnal internasional, dan tentunya menambah networking. Program elektif ini bekerjasama dengan Tokushima University Jepang, serta beberapa universitas terkemuka di Malaysia seperti IIUM, USIM, UKM, dan International Medical University. FKG Unissula juga telah menjadi anggota South East Asia Association for Dental Education (SEAADE).

FKG Unissula juga telah menjalin banyak kerja sama dengan Rumah Sakit Jejaring dalam negri untuk memudahkan para Dokter Gigi Muda (Mahasiswa Profesi/Koas) memperoleh ilmu kedokteran gigi lebih banyak, salah satunya dalam bentuk elektif forensik yang bekerjasama dengan RS Bhayangkara. Berbagai kerjasama tersebut merupakan terobosan penting untuk meningkatkan wawasan serta kompetensi para calon dokter gigi Unissula. Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung merupakan Rumah sakit pendidikan utama bagi para mahasiswa profesi/Koas FKG Unissula dan telah terakreditasi paripurna.

Fakultas Kedokteran Gigi Unissula juga memiliki berbagai kerjasama unggulan di dalam negeri FKG Unissula memiliki berbagai keunggulan spesifik yang pas untuk mengembangkan kompetensi para generasi milenial di bidang kedokteran gigi. Tidak hanya dengan Universitas dan Rumah Sakit, FKG Unissula juga menjalin kerjasama dengan beberapa desa yang membutuhkan pengembangan pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Program ini disebut dengan desa binaan yang diberlakukan bagi pendidikan profesi.

Pada saat ini Fakultas Kedokteran Gigi telah menggunakan Aplikasi ICD (Islamic Cyber Dentistry) yang memudahkan bagi mahasiswa dan pengajar untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara daring, dimana saja dan kapan saja. FKG UnissulaMemiliki sarana prasarana memadai, diantaranya yaitu OSCE Centre (Tempat Ujian Praktek sebagai dokter gigi) terbaik se-Indonesia, ruang kelas yang representatif dan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang yang lengkap (LCD, AC, dll), memiliki fasilitas CBT (Computer Base Test) untuk ujian nasional pendidikan dokter gigi.

Mari persiapkan diri anda menjadi dokter gigi professional dan berwawasan internasional, informasi pendaftaran calon mahasiswa baru Fakultas Kedokteran Gigi Unissula tahun akademik 2020/2021 dengan mendaftar secara online di pmb.unissula.ac.id, informasi lebih lanjut hotline 081 220 110 62.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here