blank
Regu 4 Damkar Pemkab Wonogiri, pimpinan Sriyanto, mendatangi ke lokasi kebakaran untuk melakukan pemdaman kebakaran kandang sapi.

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Kandang sapi milik Sukijan (58), warga yang tinggal di Dusun Niru Lor RT 1/RW 5, Desa Ngadirojo Kidul, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Wonogiri, Selasa malam (30/6) ludes terbakar.

Pemicu kebakaran, diduga dari api bludukan (perapian) yang dibuat di dekat kandang. Tatkala kena angin, perapian yang dipakai untuk penghangat sapi dan pengusir nyamuk tersebut, menyala dan merembet membakar tumpukan jerami kering tandon (stok) pakan.

Karena datang angin kencang, kobaran api membakar tumpukan kayu yang berada di dekatnya, dan juga membakar rumah kandang. Warga yang mengetahui ada kebakaran, langsung memberitahukannya ke pemilik dan ramai-ramai mendatangi lokasi untuk memberikan bantuan.

blank
Warga masyarakat berdatangan ke lokasi kebakaran kandang, tapi kesulitan melakukan pemadaman, karena tidak tersedia air dan alat pemadam kebakaran.

Sulit Memadamkan
Tapi warga mengalami kesulitan memadamkannya, karena di lokasi tidak tersedia air dan alat pemadaman kebakaran. Warga kemudian berinisiatif meminta pertolongan ke Kantor Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemkab Wonogiri.

blank
Tim Damkar Pemkab Wonogiri, melakukan pemadaman kebakaran kandang mulai Pukul 19.35 sampai Pukul 21.00.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pemadam Kebakaran (Damkar) Pemda Wonogiri, Joko Santosa, yang menerima kontak permintaan pemadaman, segera meluncurkan Regu 4 Damkar pimpinan Sriyanto, menuju ke lokasi. Pemadaman dilakukan mulai Pukul 19.35 sampai dengan Pukul 21.00.

Tidak ada korban jiwa. Tiga ekor sapi piaraan Sukijan, berhasil diselamatkan. Kobaran api berhasil dikendalikan, dan tidak merembet membakar rumah hunian.

Bambang Pur