blank
Personel Sat Sabhara siaga membidikkan senjatanya ketika melakukan Sispam Mako Polres Wonogiri, yang diskenario ada serbuan dari perusuh.
WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Suara raungan sirine mendadak dibunyikan berkepanjangan, ditingkah oleh denting lonceng bertalu-talu. Para perusuh datang menyerbu Mapolres Wonogiri dari empat arah mata angin.

Demikian skenario gelar latihan sistem pengamanan markas komando (Mako) Polres Wonogiri, Selasa (26/5). Latihan yang melibatkan semua unsur di jajaran Polres Wonogiri ini, dipimpin langsung Kapolres AKBP Christian Tobing.

blank
Posisi siaga dengan senjata, dilakukan oleh para personel Polres Wonogiri, untuk mengantisipasi serbuan perusuh dari empat arah mata angin.


Kasubag Humas Polres Wonogiri Polda Jateng, Iptu Suwondo, dan Paur Humas Aipda Iwan Sumarsono, menyatakan, gelar latihan Sispam Mako ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam mengantisipasi kemunculan perusuh yang melakukan penyerangan terhadap Mako Polres Wonogiri.

Kapolres yang turun langsung dalam gelar latihan Sispam Mako tersebut, memberikan arahan bahwa dengan latihan ini akan menjadikan jajaran lebih cekatan dalam bertindak, dan lebih memahami perannya masing-masing.

blank
Kapolres Wonogiri AKBP Christian Tobing, turun langsung memimpin gelar latihan Sispam Mako, dengan memberikan pengarahan pada anggota, tentang bagaimana harus bersikap dan bertindak.

Senantiasa Siaga
Yakni pemahaman peran tentang siapa harus berbuat apa, dan bertanggung jawab pada siapa. ”Melalui latihan ini, akan menjadikan anggota senantiasa siaga untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak kita inginkan,” tegas Kapolres.

Latihan diawali dengan pemukulan lonceng dan menyuarakan raungan bunyi sirine yang di lakukan oleh petugas Propam dan SPKT. Ini sebagai tanda panggilan luar biasa kepada jajaran tentang isyarat adanya ancaman keamanan Mako yang harus secara sigap diantisipasi.

Begitu tanda bahaya dibunyikan, para anggota langsung berkumpul untuk melakukan konsolidasi, dan kemudian sigap bergerak menuju ke lokasi masing-masing, yakni menuju tempat yang telah ditentukan sesuai ploting dengan perannya.

blank
Petembak tepat atau sniper, bersiaga mengambil tempat di titik strategis ketinggian gedung Mapolres Wonogiri.
Penembak Tepat
Para personel dari Sat Sabhara, Sat Lantas, Sat Intelkam, langsung bersiaga di gerbang dan sepanjang pagar depan. Sat Binmas, Sat Reskrim dan Sat Sabhara, mengambil posisi di pintu samping dan sepanjang pagar sisi utara. Personel lain, siaga di sepanjang pagar sisi selatan dan pintu belakang. Penembak tepat (sniper) bersiap di ketinggian gedung menempati titik strategis.

Kemudian di sepanjang pagar sisi selatan, dijaga personel dari Sat Sabhara bersama Sat Intelkam dan Bag Sumda. Juga dilakukan pengamanan di pintu lobi lantai bawah, di lorong utara dan selatan, ruang tahanan, gudang senjata, ruang kerja Kapolres dan Wakapolres, ruang para Kabag, Kasat, Kasi, aula, musala dan kantin serta ruang SPKT (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu).

blank
Seorang personel polisi bersenjata lengkap, berlari untuk menuju ke posisinya, ketika mengikuti Sispam Mako Polres Wonogiri.

Pelatihan dilakukan dengan mengacu pada protokol kesehatan pencegahan pandemi Corona Virus Disease (Covid)-19. Hadir dalam latihan ini, Wakapolres Kompol Edi Wibowo, Kabag Ops Kompol Agus Pamungkas, Kabagren Kompol Dwi Retnowati, Kabag Sumda Kompol Hadijah Sahab, bersama para Kasat dan Kasi.

Bambang Pur

blank
blank
blank
blank