blank
Para ahli kesehatan China berupaya mencegah penyebaran Virus Corona

BEIJING,(SUARABARU.ID) – Menghadapi situasi yang cepat berubah dari wabah virus corona, Cina berada pada tahap penting untuk mencegah dan mengendalikan penyebaran virus.

“Saat ini wabah masih terkonsentrasi di kota Wuhan di Cina tengah, dan di tempat lain, yang berarti masih wabah regional,” kata Zhong Nanshan, seorang ahli pernapasan terkenal dan kepala tim ahli tingkat tinggi dari Komisi Kesehatan Nasional (NHC).

“Penularan dari orang ke orang dari virus corona dan infeksi di antara staf medis telah dikonfirmasi,” kata Zhong.

Tahap Awal

Munculnya kasus baru secara terus menerus mengindikasikan bahwa wabah ini masih pada tahap awal dari perubahan yang cepat, tambah Zhong.

Zeng Guang, kepala ahli epidemiologi dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China (CDC Cina), mengatakan tidak ada infeksi di kalangan anak-anak atau pelajar yang dilaporkan di Wuhan, dan kasus infeksi sebagian besar adalah orang tua.

Wabah itu berada pada tahap awal penularan masyarakat, kata Zeng, Zeng menambahkan bahwa itu dapat diantisipasi jika tindakan diambil sekarang.

China telah mengambil langkah-langkah tegas untuk secara serius mencegah penyebaran virus, dan telah merilis seluruh urutan genom dari virus corona, yang akan membantu para ilmuwan dan otoritas kesehatan di seluruh dunia mengembangkan kit diagnostik dan mempelajari patogenisitas virus.

Distribusi geografis dari kasus infeksi Wuhan menunjukkan hubungan yang erat antara wabah dan pasar makanan laut lokal. Investigasi menunjukkan bahwa sebelumnya ada penjualan ilegal satwa liar di pasar.

Berdasarkan temuan dalam sekuensing genom keseluruhan, dapat berspekulasi bahwa hewan liar bisa memainkan peran kunci dalam munculnya penyakit. Tetapi masih belum jelas jenis hewan apa yang menyebabkan infeksi, kata Gao Fu, seorang akademisi dari Akademi Ilmu Pengetahuan Cina dan kepala CDC China.

Xinhua-Wahyu