blank
Sekda Joko Budiyono menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Administrasi LPMK tingkat Kota Magelang, (Humas Pemkot Magelang)

blankMAGELANG (SUARABARU.ID) – Kader Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (LPMK) diminta meningkatkan peran aktifnya, khususnya dalam perencanaan pembangunan daerah. Hal Ini penting karena, lembaga ini yang memiliki akses langsung dengan warga di tingkat kelurahan.

Penegasan itu disampaikan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono, pada kegiatan Bimbingan Teknis Perencanaan Pembangunan Partisipatif Masyarakat Kelurahan (P3MK) yang diadakan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP4KB) Kota Magelang di Hotel Atria beberapa hari lalu.

‘’Saya minta para kader LPMK bisa serius mengikuti bimtek ini. Pelajari betul materi yang diberikan narasumber, agar ilmu yang diperoleh nanti dapat diaplikasikan dan diimplementasikan sebagai mitra kerja kelurahan, sehingga lebih terarah, terpadu dan terkendali,’’ pintanya.

Pada acara itu Joko menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Administrasi LPMK tingkat Kota Magelang. Juara pertama diraih LPM Kelurahan Kramat Utara mendapat hadiah Rp 1.250.000, juara 2 LPM Kelurahan Gelangan (Rp 1 juta), dan juara 3 LPM Kelurahan Potrobangsan (Rp 750.000).

Dia menerangkan, lomba ini wujud penghargaan Pemkot Magelang kepada LPMK di Kota Sejuta Bunga. Selain itu, mulai tahun 2019 telah dianggarkan honorarium per bulan bagi Ketua LPMK dan Ketua DPD LPM sebesar Rp 200.000 per bulan.

‘’Untuk membantu dan memfasilitasi LPMK, khususnya untuk kegiatan rapat koordinasi akan diberikan bantuan jamuan rapat sebesar Rp 2.970.000 per LPMK. Rencana tahun 2021 honorarium, hadiah lomba LPMK dan fasilitasi LPMK untuk kegiatan rapat akan dinaikkan,’’ terangnya.

Plt Kepala DPMP4KB Kota Magelang, Retno Rini Sariningrum menjelaskan, bimtek ini guna meningkatkan peran aktif kader LPMK dalam perencanaan pembangunan partisipatif daerah. Juga meningkatkan kemampuan dan keterampilan kader, sehingga dapat lebih berperan aktif lagi.

‘’Kami harap ilmu atau keterampilan yang didapat melalui kegiatan ini dapat diterapkan, sehingga hasil pembangunan dapat dinikmati secara optimal oleh masyarakat,’’ tuturnya.

Bimtek diikuti 85 pengurus dari masing-masing LPMK. Narasumber antara lain Widiatmoko dari Dispermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah, Udi Kurniawan dari Disperkim Kota Magelang, dan Adi Isa Murti dari Bappeda Kota Magelang. Kegiatan itu dimoderatori RR Sri Mulatsih, Kabid Pemberdayaan Masyarakat DPMP4KB Kota Magelang. (hms)

Editor : Doddy Ardjono