Bagikan
Yuri lomba Pojok Literasi tengah melakukan penilaian di salah satu kelas yang disetting menjadi perpustakaan mini di MAN 1 Wonosobo. (Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka)

WONOSOBO-Siswa-siswi MAN 1 Wonosobo merayakan bulan bahasa dengan aneka lomba. Lomba diikuti oleh semua perwakilan kelas dari jurusan IPA, IPS dan Agama. Sejak pagi hingga siang lomba berlangsung gayeng dan semarak di beberapa ruang kelas yang ada.

Kepala Perpustakaan MAN 1 Wonosobo, Ahmad Mustolah mengatakan kegiatan peringatan bulan bahasa diisi dengan lomba pojok literasi yang diikuti 34 kelas, lomba menulis artikel, membaca cepat dan lomba cipta puisi bagi siswa yang mewakili kelas masing-masing.

“Aneka lomba yang digelar sebagai ikhtiar membiasakan budaya baca, mempromosikan perputsakaan sebagai tempat mengakses ilmu pengetahuan dan teknologi serta memancing siswa untuk berpikir kritis dan ilmiah berbasis buku bacaan,” katanya, Rabu (9/10).

Menurut Mustolah, selama pelaksanaan lomba kegiatan belajar mengajar siswa ditiadakan. Semua siswa dilibatkan dalam pelaksanaan lomba. Lomba pojok literasi wajib dikerjakan oleh semua siswa di setiap kelas. Kelas disetting jadi ruang baca yang asyik.

Dalam lomba pojok literasi, salah satu pojok kelas didesain menjadi perpustakaan mini. Ada beberapa judul buku yang dipajang di rak buku yang dibuat secara unik. Warna-warni hiasan juga disusun agar suasana perputakaan jadi menarik dan enak dikunjungi.

Daftar Juara

“Pada lomba pojok literasi bertindak sebagai yuri Muharno Zarka (wartawan), Teguh Widodo (Guru Seni Budaya) dan Rina Handayani (Guru Matematika). Aspek yang dinilai meliputi penampilan, keunikan dan koleksi buku yang ada,” katanya.

Salah satu yuri lomba Pojok Literasi, Teguh Widodo, mengatakan kreatifitas dan keunikan karya siswa dalam menghias ruang perpustakaan mini di kelas sudah cukup baik. Karena keunikan dan kreatifitas tersebut ruang baca menjadi punya nuansa seni yang menarik.

Lomba penulisan artikel semua peserta wajib membuat karya bertema perpustakaan sekolah. Sedang lomba cipta puisi bertema bebas. Adapun lomba baca cepat dan penguasaan membaca, setiap siswa membaca teks secara cermat dan harus menguasai materi yang dibacakan.

Setelah dilakukan penilaian, keluar sebagai juara 1-3 lomba pojok literasi adalah Kelas X IPA 1, XI IPA 5 dan XI IPA 1. Juara 1-3 lomba membaca cepat Rohimatun Nisa (XI IPA 5), Alif Rara Wihita (X IPA 1) dan Mufidatul Uluq (XI IPA 5).

Sedang juara 1-3 lomba cipta puisi yakni Sri Nur Hasanah (XI IPA 5), Zahrotun Nafisah (XI Agama 1) dan Aprilia Eka (XI IPS 3). Juara 1-3 lomba artikel ilmiah, kelas XII Agama 1, Kelas XII IPA 1 dan Kelas XI IPA 3.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here