blank
Bupati Wonogiri Joko Sutopo dan Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati (kedua dan kesatu dari kiri), ikut menandatangani deklarasi Pilkades damai.

WONOGIRI – Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Wonogiri, akan digelar Rabu (25/9) pekan depan. Pilkades tahap III Tahun 2019 ini, akan dilaksanakan serentak di 186 desa tersebar di 25 kecamatan. Ini akan menjadi Pilkades serentak terbanyak, sebab dalam Pilkades tahap I hanya diikuti 16 desa, dan tahap II sebanyak 50 desa.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten, Semedi Budi Wibowo, menyatakan,dalam Pilkades serentak tahap III ini, ada sebanyak 171 pentahana dan 14 mantan Kades yang ikut mencalonkan. Kemudian ada sebanyak 29 pasangan suami-istri yang sama-sama ikut maju dalam Pilkades, serta sebanyak 19 calon yang masih terhitung ada pertalian saudara.

Baca Juga: Peziarah Asal Wonosobo Tewas di Gunung Muria Kudus

Di Kecamatan Jatisrono dan Giriwoyo, masing-masing akan menggelar Pilkades di 12 desa. Kemudian untuk Kecamatan Eromoko, Pracimantoro, Jatiroto, Tirtomoyo, Sidoharjo dan Kecamatan Slogohimo, masing-masing akan menggelar Pilkades di 10 desa. Kecamatan Girimarto dan Purwantoro, masing-masing akan menggelar Pilkades di 8 desa.

Selanjutnya di Kecamatan Selogiri, Nguntoronadi, Batuwarno, Jatipurno, dan Kecamatan Bulukerto, masing-masing akan menggelar Pilkades di 7 desa. Kecamatan Wonogiri, Ngadirojo, Baturetno, dan Kecamatan Paranggupito, masing-masing menggelar Pilkades di 6 desa. Kecamatan Wuryantoro dan Kecamatan Manyaran, masing-masing menggelar Pilkades di 5 desa. Berikut di Kecamatan Karangtengah (4 desa). Kemudian untuk Kecamatan Giritontro dan Kecamatan Puhpelem masing-masing menggelar Pilkades di 3 desa.

Untuk mewujudkan pelaksanaan Pilkades yang terjauhkan dari hal-hal negatif yang tidak diinginkan, Senin (16/9), digelar deklarasi Pilkades damai di Pendapa Kabupaten Wonogiri. Seluruh calon hadir bersama personel BPD dan unsur pantia Pilkades serta Camat beserta jajaran Forkompincam dari 25 kecamatan se Kabupaten Wonogiri. Kemudian Selasa (17/9), di 186 desa yang akan mengadakan Pilkades serentak, masing-masing menggelar acara penyampaian misi dan visi para calon guna memulai jadwal kampanye. Ini dilakukan, setelah sebelumnya dilakukan pengundian nomor urut.

Semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades, mendapatkan pengarahan langsung dari Bupati Joko Sutopo, Wakil Bupati Edy Santosa, Kapolres AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, Dandim 0728 yang diwakili Kasdim Mayor (Inf) Nurul Muthahar, Ketua DPRD Wonogiri Setyo Sukarno. Kmeudian diteruskan dengan pembacaan deklarasi Pilkades damai secara serentak yang dipimpin oleh Calon Kades Kepatihan, Kecamatan Selogiri, Sutrisno.

Acara tersebut kemudian dirangkai dengan penandatanganan deklarasi Pilkades damai oleh perwakilan Calon Kades, Panitia Pilkades, Bupati dan kapolres bersama jajaran Forkompinda Kabupaten Wonogiri, para camat beserta jajaran Forkompincam, dan dari pihak pengendali Pilkades damai.(suarabaru.id/Bambang Pur))