blank
Ketua Umum Jaya Nusa H Idham Cholid MSi langsung menuju kediaman Cawapres KH Ma'ruf Amin di Jakarta untuk menggelar acara Yasinan bersama. Foto : SuaraBaru.id/Muharno Zarka

WONOSOBO-Pasangan Calon Presiden (Capres) Ir H Joko Widodo dan Calon Wakil Presiden (Cawapres) Prof Dr (HC) KH Ma’ruf Amin sementara unggul atas pasangan Capres Letjend H Probowo Subianto dan Cawapres H Sandiaga Salahudin Uno, BBA MBA dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) yang digelar Rabu (17/4) lalu.

Berdasarkan hasil perolehan suara sementara Pilres di Wonosobo yang diperoleh SuaraBaru.id, Kamis (18/4), pasangan No Urut 01 tercatat memperoleh 78,42 persen (298.000 suara) dan Capres-Cawapres No Urut 02 mendapat 21 persen (82.000 suara). Partisipasi pemilih di Wonosobo dalam Pilpres mencapai 89,10 persen.

Sampel data sementara perolehan suara Pilpres di Kecamatan Selomerto menunjukan pasangan Jokowi-Amin mendapat 23.692 atau 74 persen dan Prabowo Sandi hanya memperoleh 8.251 suara atau 26 persen. Dari 24 Desa yang ada di Selomerto semua dimenangkan pasangan 01 dengan perolehan rata-rata di atas 70 persen.

Adapun proses perhitungan resmi akan dilakukan dalam Rapat Pleno Perhitungan Suara Pemilu Serentak 2019 di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di 15 Kecamatan yang ada di Wonosobo. Saat ini kotak suara di 265 Desa/Kelurahan masih dalam proses distribusi ke PPK masing-masing. Pengiriman kotak suara dikawal anggota TNI-Polri dan petugas Bawaslu.

Salah satu Tim Sukses Capres-Cawapres 01, H Suwondo YUdhistiro S Sos I MAg mengatakan semua Tim Sukses Pilpres dan partai politik saat ini tengah mengumpulkan suara hasil pemilu serentak, baik hasil suara Pilpres maupun Pileg. Dalam waktu dekat ini hasil akhirnya perhitungan internal akan segera diketahui meski KPUbelum mengumumkan secara resmi.

“Masing-masing Tim Sukses Capres dan Cawapres dan partai politik tengah menghitung secara manual hasil Pilpres maupun Pileg. Proses perhitungan saat ini belum final tapi sudah menunjukkan kemenangan di pasangan Capres 01. Data perolehan suara didapat dari saksi saat pemilu serentak kemarin”, ujar H Suwondo, ketika ditemui di rumhanya, Kamis (18/4).

Gelar Yasinan

Sementara itu, Ketua Umum Jama’ah Yasin Nusantara (Jaya Nusa) H Idham Cholid MSi meyakini kemenangan Pilres sudah ada di kubu pasangan Capres Jokowi-Amin. Apalagi dari hasil quick count (hitung cepat) yang dirilis semua lembaga survei di media elektronik, media online maupun media cetak menunjukan perolehan Capres 01 satu di atas 54 persen dan Capres 02 hanya di angka 44 persen.

“Seusai hitung cepat Relawan Kiai Ma’ruf Amin (KMA) berkumpul di ndalem KH Ma’ruf Amin di Jl Situbondo Menteng Jakarta untuk melakukan sholat maghrib berjama’ah dan dilanjutkan dengan membaca surat Yasin bersama-sama (yasinan), ujar Idham Cholid yang juga mantan Ketua DPRD dan mantan Ketua DPC PKB Wonosobo itu.

Pembacaan Yasin dipimpin oleh Sekretaris Komisi Fatwa MUI Pusat, Dr KH Asrorun Ni’am Sholeh MA. Tampak hadir dalam kegiatan tersebut tokoh NU KH Ahmad Bagja, Dr Abdul Aziz, Masduki Baidlowi, Habib Anas bin Yahya dan seluruh putra-putri KH Ma’ruf Amin. Acara yasinan tersebut diinisiasi oleh Jaya Nusa dan Relawan Milenial Jokowi Amin (REMAJA).

Ditambahkan Idham Cholid, pembacaan yasinan merupakan bentuk dan ungkapan rasa syukur atas kenikmatan yang diberikan Allah SWT karena pelaksanaan pemilu serentak berjalan aman, lancar dan sukses tanpa ekses dengan kemenangan Pilpres di pihak pasangan Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

“Semoga proses selanjutnya berjalan lancar dan tanpa hambatan apapun. Melalui pembacaan Surat Yasin, mudah-mudahan segala urusan terkait kemenangan Jokowi-Amin bisa berjalan lancar karena fadhilah dari bacaan Surat Yasin adalah mempermudah segala urusan dan persoalan seseorang”, katanya.

Pernyataan senada diungkapkan Ketua REMAJA Syaikha Aulia. Dia mengatakan acara yasinan ini tak lain sebagai ungkapan rasa syukur atas keberhasilan pelaksanaan pemilu serentak yang baru saja digelar. Diharapkan proses selanjutnya sampai pelantikan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin juga berjalan lancar tanpa hambatan apa pun.

“Insyaallah ke depan Presiden dan Wakil Presiden baru hasil pemilu serentak tahun 2019 bisa membawa kemajuan bagi Indonesia dan kemaslatahan untuk seluruh masyarakat. Mari doakan bersama-sama agar H Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin mampu menahkodai kapal untuk membawa Indonesia makin maju dan sejahtera”, tandasnya.

SuaraBaru.id/Muharno Zarka