Bagikan
BERKUMPUL: Sejumlah penggemar bonsai saat berkumpul di rumah Ketua PPBI Rembang, Fery Y Cahyono. (Djamal AG)

REMBANG – Seniman pengerdil tanaman, itulah kalimat yang tepat untuk sekelompok orang yang telah teruji kesabarannya dalam mengerdilkan tanaman. Tak hanya asal mengerdilkan saja, harus ada teknik yang tepat dan pengetahuan yang luas tentang tanaman yang hendak di kerdilkan.

“Ada seni dan teknik pemangkasan tersendiri, sampai menghasilkan bonsai yang cantik” ujar Fery Y Cahyono, pengusaha beras terbesar di Rembang yang terpilih sebagai Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Rembang, Minggu (7/4).

Pembentukan pengurus PPBI Rembang yang berlangsung di rumah ketua terpilih, di Jalan Raya Blora Km 3,5 itu berawal dari pertemukan saat silaturahmi ke sesama penggemar bonsai, dan diteruskan saling mengunjungi teman lainnya untuk melihat bonsai satu sama lain. Mereka akhirnya berkumpul hingga mencapai puluhan orang dan saat ini telah terbentuk secara resmi PPBI Rembang.

“Awal pertemuan dari banyak teman yang sama-sama gemar tanaman kerdil itulah yang mengilhami dibentuknya suatu perkumpulan, yang kini disebut PPBI,” ujarnya.

Perkumpulan yang berasal dari beragam profesi mulai dari pegawai pemerintahan sampai karyawan swasta ini, mengaku memang jarang bertemu sebab kesibukan dari profesi masing-masing. Namun silaturahmi diantara mereka tetap terjaga dengan baik.

“Beberapa pengurus inti memang rumahnya saling berjauhan. Tetai hal itu tidak menjadi masalah, karena sekarang bisa komunikasi lewat media sosial atau handphone,” ujar Fery.

Menurut Slamet (Mamik), seorang Kepala Sekolah Dasar yang didaulat sebagai penasihat PPBI Rembang, menjelaskan ada kebanggaan tersendiri ketika seseorang melihat hasil karya seni yang telah di nanti selama bertahun-tahun.

“Pokoknya lain rasanya, ketika berhasil membuat bonsai. Ada kebanggaan tersendiri, padahal hanya sekedar dilihat orang saja. Ya seperti itulah yang saya rasakan,” terangnya.

Kedepan nanti,  Perkumpulan Penggemar Bonsai Rembang menargetkan akan membuat pameran bonsai. Ini penting, karena dengan pameran kita bisa saling tukar pengalaman. Selebihnya adalah untuk memperkenalkan tanaman bonsai ke masyarakat lebih luas.

Hasil pembentukan pengurus PPBI Rembang, selain ketua terpilih Fery  Y Cahyono, juga terpilih sebagai Sekretaris Suroso, dan Bendahara Ngabiyantoro.

Selain itu didukung dengan sejumlah seksi, diantaranya Seksi Diklat/Litbang, Seksi Humas/Pameran, Seksi Sarana/Perlengkapan, Seksi Suiseki, dan Seksi Pendanaan. Sementara pelindungnya adalah Dandim Rembang Letkol Arh Andi Budi Sulistianto.(suarabaru.id/Djamal AG)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here