Bagikan

WONOSOBO – Acara nonton bareng film pendek berjudul “Tibalah Malam” dan “KTP” di Ball Room Hotel Surya Asia di Jl Ahmad Yani No 137 Wonosobo, berlangsung gayeng.

Penonton yang sebagian besar terdiri dari Ibu-Ibu itu kerap tampak tertawa terpingkal-pingkal menyaksikan ulah aktor dalam dua film indie yang bertingkah lucu dan kocak tersebut.

Pagelaran nonton bareng film garapan Rina Ringgun DKK asal Yogyakarta itu, bersama dengan peringatan hari ulang tahun ke 54 Ibu Valentina Sutini Tatang, owner Hotel Surya Asia dan Asia Restaurant Wonosobo.

Rina Ringgun menceritakan film “Tibalah Malam” dan “KTP”, diangkat dari cerita sehari-hari warga kampung. Film “Tibalah Malam” berkisah perihal kehidupan orang tua yang sudah sepuh bingung, harus mengikuti atau tinggal di rumah anaknya yang mana.

Karena semua anaknya tinggal di luar kota. Sementara Titi Dibyo, yang berperan sebagai Ibu, tidak mau meninggalkan rumah di kampung halamannya yang sudah ditinggali bertahun-tahun. “Tiap malam tiba Titi Dibyo merasa cemas memikirkan anak-anaknya yang tinggal di perantauan”, kisah Rina Ringgun.

Sementara itu, film “KTP” berkisah tentang seorang Kakek bernama Karsono, yang mau didata untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) oleh petugas kecamatan, ternyata tidak beragama seperti data yang ada di formulir KTP. Pasalnya, ketika ditanya agamanya, Mbah Karsono menjawab Kejawen. Umur dan tanggal kelahiran pun tidak tahu.

Kedua film pendek tersebut berlatarbelakang kehidupan warga di desa. Cerita dan tingkah lucu pemainnya pun, tak jarang, mengocok perut penonton.

Sherly, putri bungsu Valentina Sutini Tatang mengatakan sengaja mengajak temannya di Yogyakarta untuk memutar dua judul film di atas sebagai bahan refleksi bagi kebanyakan orang tua. Kebetulan penonton yang datang pada perayaan ulang tahun perempuan ramah tersebut, kebanyakan Ibu-Ibu yang sebagian besar sudah punya anak dan bercucu. “Jadi film “Tibalah Malam” dan “KTP” sangat pas ditonton oleh kalangan orang tua”, ujar Sherly.

Di kesempatan yang sama, Valentina Sutini Tatang mengucapkan terima kasih atas doa dan kehadiran koleganya di malam ulang tahun dan nonton bareng film pendek tersebut. Khusus film “KTP” selain diputar di Ballroom Hotel Surya Asia Wonosobo juga pernah ditayangkan di Istana Negara dan ditonton oleh para staf Kantor Kepresidenan RI. (suarabaru.id/Muharno Zarka).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here