Tumpukan paket buka puasa

PURWOREJO (SUARABARU.ID)-Selama Bulan Suci Ramadhan di masa wabah global virus corona, Desa Krandegan, Kecamatan Bayan, membuat ‘Meja Anti Lapar’.

Setiap sore, pemerintah desa (Pemdes) menyediakan satu meja di teras kantor desa. Menurut Kepala Desa Krandegan, Dwinanto, di meja ini, setiap sore tersedia menu berbuka puasa bagi mereka yang membutuhkan.

“Konsep meja anti lapar ini adalah connecting people, menyatukan masyarakat. Siapa saja boleh mengisi, siapa saja boleh mengambil makanan untuk berbuka puasa,” kata Dwinanto.

Setiap pagi, posko siaga desa akan mengirim pesan Whats App, baik secara pribadi maupun melalui grup (WAG), yang isinya menawarkan kepada siapa saja akan berdonasi dan siapa yang membutuhkan menu berbuka.

Donasi dapat berupa makanan, bisa juga berupa uang yang oleh posko akan dibelikan makanan siap saji.

Setiap sore usai waktu Sholat Ashar, makanan dari para donatur sudah tersedia di atas meja. Warga yang membutuhkan bisa mengambil langsung. Tak jarang, petugas posko yang akan berkeliling desa mengantar kepada mereka yang sekiranya membutuhkan.

“Ini salah satu kegiatan kami selama masa pandemi, khususnya saat Bulan Ramadhan. Tujuannya adalah meringankan beban warga miskin dan mereka yang terdampak adanya Pandemi Covid-19. Juga untuk menumbuhkan rasa kebersamaan antar warga.”

Warga Desa Krandegan antusias menyambut kegiatan ini. Setiap hari jumlahnya terus bertambah. Hari ini (3/5) ada 90 paket makanan siap saji yang akan didonasikan.

“Bahkan untuk beberapa hari ke depan ada warga yang akan berdonasi menu paket istimewa berupa menu daging kambing” kata Dwinanto.

Taletha

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini