Para peserta pelatihan menerima sertifikat, berfoto bersama Suroto (tengah berbaju merah), Kades Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jateng. Foto: Vashti

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC) bersama Angkasa Pura I (AP) Bandara Internasional Yogyakarta memberikan pelatihan pariwisata bagi Desa Wisata Sejahtera (Deswita), di Desa Kaligono, Kaligesing, Purworejo, 24-26 September 2024.

Pelatihan selama tiga hari ini bertujuan untuk memperkuat ekosistem pariwisata berkelanjutan, diikuti 120 orang peserta dari 10 Deswita di Kecamatan Kaligesing.

“Pelatihan ini merupakan salah satu langkah strategis PT TWC dalam meningkatkan kualitas pelayanan di destinasi wisata, khususnya mendukung DPSP Borobudur dan keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta,” ujar Ryan Sakti, Corporate Secretary Group Head PT TWC dalam acara penutupan pelatihan di Balai Desa Kaligono, Kamis (26/09/2024).

Penutupan ditandai dengan penyerahan secara simbolis, sertifikat pelatihan kepada lima orang perwakilan peserta.

Ryan menyebutkan, hingga kini, pihaknya telah menyelenggarakan tiga pelatihan IHH dengan total 240 peserta di Kabupaten Purworejo.

Dalam kesempatan yang sama, Relation Department Head Angkasa Pura I Bandara Internasional Yogyakarta, Ike Yutiane menerangkan bahwa, program Injourney Hospitalty House di Desa Kaligono resmi ditutup hari ini.

Ia berharap agar para peserta dapat menerapkan budaya ramah tamah ke dalam sektor pariwisata dan UMKM.

Sedangkan Kepala Desa Kaligono, Suroto menyampaikan harapannya agar acara pelatihan semacam ini rutin dilakukan, terutama di wilayah Kecamatan Kaligesing.