blank
Rektor USM Dr Supari, saat memberikan paparannya terkait Pilkada, dalam Seminar Youth Democracy. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Bertepatan dengan momentum Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Semarang (USM), menggelar acara Seminar Youth Democracy, dengan tema ‘Mengenal Demokrasi dan Perpolitikan di Indonesia’. Kegiatan itu berlangsung di Gedung V Prof Ir Joetata Hadihardadja, Lantai 6 USM, Kamis (17/10/2024).

Acara yang dibuka Rektor USM, Dr Supari ST MT itu, mendatangkan beberapa narasumber. Di antaranya Wakil Rektor III USM Dr. Muhammad Junaidi SHI MH, Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Handy Tri Ujiono SSos, dan Bawaslu Provinsi Jateng, Drs Sosiawan MH.

Presiden Mahasiswa USM, Asura Firay mengatakan, kegiatan itu merupakan salah satu program musyawarah kerja BEM USM, yang bertepatan dengan momentum Pilkada. Menurutnya, Seminar Youth Democracy ini, untuk memberikan edukasi kepada peserta, terkait dengan demokrasi dan Pilkada, dalam rangka turut ambil peran menyikapi problematikanya.

BACA JUGA: Rektor USM Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

”Berdasarkan pada data Badan Statistik Jateng, ternyata demokrasi di Jateng dari tahun 2014-2020, mengalami penurunan kurang lebih 10 persen. Sehingga USM perlu mengambil langkah, untuk ikut serta mengawal demokrasi, terkhusus di Jateng,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan Ketua Pelaksana, Lucky Faisal Ardanu. Disampaikannya, sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa berperan penting dalam menjaga dan memantau proses demokrasi di Indonesia.

”Kegiatan ini diikuti sebanyak 200 peserta, yang terdiri dari mahasiswa maupun tamu undangan. Sebagai generasi penerus bangsa, mahasiswa berperan penting sebagai agen perubahan, dalam menjaga dan memantau proses demokrasi di Indonesia. Kami berharap, melalui seminar ini, mahasiswa dapat berpartisipasi aktif dalam membangun sistem demokrasi,” pinta dia.

BACA JUGA: Food Waste Jadi Persoalan Internasional

Rektor Supari pun menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan yang mendatangkan narasumber hebat dan tepat. Dia ingin melalui seminar itu, dapat mengeluarkan rekomendasi pendapat dan masukan kepada pihak-pihak terkait.

”Saya sebagai Rektor gembira, dengan digelarnya seminar yang mendatangkan narasumer dari Bawaslu dan KPU Jateng. Karena USM merupakan sebuah perguruan tinggi yang visinya adalah ke-Indonesiaan. Sehingga semua produk kegiatan di USM, tujuan utamanya untuk kemajuan Indonesia, dan menyiapkan generasi penerus calon pemimpin di Indonesia,” ungkapnya.

Riyan