blank
Rektor Supari (tengah/baju putih), beserta sejumlah jajaran Senat USM serta 192 dosen wali, melakukan foto bersama usai acara diskusi yang dilaksanakan di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Rabu (16/10/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Rektor Universitas Semarang (USM), Dr Supari ST MT, mendorong mahasiswanya untuk segera menyelesaikan studi dengan tepat waktu.

Hal itu seperti yang diungkapkannya dalam diskusi dan dialog antara pengelola dengan para dosen wali, dalam upaya meningkatkan kualitas layanan akademik bagi mahasiswa, di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Rabu (16/10/2024).

”Keberhasilan perguruan tinggi tidak hanya diukur dari jumlah mahasiswa yang diterima, tetapi juga dari jumlah mahasiswa yang lulus tepat waktu. Oleh karena itu, USM berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan akademik, agar mahasiswa dapat mencapai prestasi yang optimal,” kata Rektor.

BACA JUGA: Food Waste Jadi Persoalan Internasional

Dalam kegiatan itu juga dihadiri Ketua Senat Prof Dr Hardani Widhiastuti MM Psi, Sekretaris Universitas Dr Abdul Karim SE MSi Ak CA, Wakil Rektor I Prof Dr Ir Sri Budi Wahjuningsih MP, Wakil Rektor II Dr Titin Winarti SKom MM, dan 192 dosen wali USM.

Ditambahkan Rektor, dosen wali atau pembimbing akademik, merupakan dosen tetap yang diserahi tugas untuk memberikan pertimbangan, petunjuk, nasihat dan persetujuan kepada sejumlah mahasiswa bimbingannya, untuk menentukan mata kuliah dalam rencana studi, jumlah kredit yang akan diambil, serta ujian dan skripsi atau tugas akhir.

Untuk itu, antara dosen wali dan mahasiswa harus ada komunikasi yang baik, agar mahasiswa mendapatkan layanan yang maksimal dalam studi.

”Kami berharap, melalui komunikasi yang baik, para dosen wali dapat mengidentifikasi masalah yang dihadapi mahasiswa secara dini, dan memberikan solusi yang tepat. Dosen wali juga bisa memberikan bimbingan dan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi mahasiswanya,” ungkap dia.

Riyan