blank
Dio berfoto bersama buku hasil karyanya bersama Kaprodi S2 USM, Dr Kukuh Sudarmanto, dengan judul 'Peran Dewan Pengawas Perusahaan dalam Prespektif Hukum Konstitusi'. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Alumnus Magister Hukum Universitas Semarang (USM), Hermansyah Bakri SH MH, belum lama ini menerbitkan buku dengan judul ‘Peran Dewan Pengawas Perusahaan dalam Prespektif Hukum Konstitusi’. Pria kelahiran Pemalang itu, menuliskan karyanya bersama Dr Drs H Adv H Kukuh Sudarmanto BA SSos SH MM MH, yang saat ini menjabat sebagai Kaprodi S2 Hukum USM.

Dio Hermansyah -panggilan sehari-harinya- merupakan seorang advokat lulusan pertama dalam ujian tesis di Magister Hukum USM Angkatan XVII. Dalam bukunya, Dio yang juga seorang jurnalis itu memaparkan tentang peran Dewan Pengawas yang sangat krusial, dalam memastikan akuntabilitas, transparansi dan efektivitas operasional perusahaan, sesuai dengan prinsip-prinsip Hukum Konstitusi.

”Dewan Pengawas merupakan harmonisasi bagian integral dari kepentingan publik dan kepentingan perusahaan. Disamping itu, Dewan Pengawas juga harus dapat memastikan perusahaan beroperasi sesuai dengan regulasi yang berlaku, dan mematuhi prinsip-prinsip Good Governance,” kata putra dari pasangan dan Drs Asnan Bakri SH dan Raden Nganten Nadiroh itu.

BACA JUGA: Rektor USM Dorong Mahasiswa Lulus Tepat Waktu

Menurutnya, Dewan Pengawas perusahaan harus dapat memastikan, setiap kebijakan dan program perusahaan, tidak hanya mengutamakan profitabilitas belaka. Tetapi juga mengembangkan aspek keberlanjutan, keadilan sosial dan pelayanan yang berkualitas kepada stakeholder.

”Fungsi Dewan Pengawas perusahaan itu, untuk mengawasi dan memastikan kepentingan terbaik para pemangku kepentingan,” ujar Dio, yang saat ini menjabat sebagai Dewan Pengawas PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.

Dijelaskan juga, tugas Dewan Pengawas perusahaan antara lain, mengawasi direksi dalam menjalankan tugasnya, memantau efektivitas pelaksanaan kebijakan, dan proses pengambilan keputusan, dan mengawasi pelaksanaan strategi untuk mencapai target yang diharapkan pemilik modal.

BACA JUGA: Food Waste Jadi Persoalan Internasional

”Selain itu juga, menilai kinerja Direksi, menilai laporan triwulan dan laporan tahunan yang disampaikan Direksi, menunjuk anggota Dewan Manajemen, dan menyetujui keputusan bisnis utama,” ungkap alumnus SD Rendeng Kudus, SMP dan SMA di Semarang ini.

Sementara itu, Dr Kukuh Sudarmanto mengungkapkan, buku karyanya bersama Dio Hermansyah itu, sarat dengan strategi seorang Dewan Pengawas dalam kontribusinya terhadap perusahaan, bangsa dan negara.

”Sehingga buku ini sangat layak dibaca para praktisi, akademisi, dan para mahasiswa baik S1 maupun S2 di berbagai fakultas,” tandasnya.

Riyan