blank
Pj Bupati Pacitan Budi Sarwoto (kanan) yang hadir dalam peringatan HPS Ke-44 Tahun 2024 tingkat Provinsi Jatim, menyaksikan kiprah ibu-ibu yang membuka stand pameran aneka olahan produk pangan.(Prokopim Pacitan)
SURABAYA (SUARABARU.ID) – Rabu hari ini (16/10/24), diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia (HPS) Ke-44. Peringatan diadakan untuk meningkatkan kesadaran akan masalah kelaparan dan kekurangan gizi di seluruh dunia.

Hari Pangan Sedunia atau World Food Day merupakan peringatan global yang diperingati setiap Tanggal 16 Oktober. Peringatan HPS diprakarsai oleh Organisasi Pangan dan Pertanian PBB yaitu Food And Agriculture Organization (FAO). Tujuannya untuk meningkatkan kesadaran global tentang masalah kelaparan dan kekurangan pangan di berbagai belahan dunia.

Peringatan HPS tahun ini bertajuk “Right to Foods for a Better Live and a Better Future. Leave No One Behind” (Hak atas pangan untuk kehidupan dan masa depan yang lebih baik. Jangan tinggalkan seorang pun). Peringatan HPS digelar pada setiap Tanggal 16 Oktober, sebagai momentum yang mengingatkan dunia, bahwa kekuatan setiap negara ditentukan oleh kemampuannya untuk memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat secara berkelanjutan.

Bagian Prokopim Pemkab Pacitan, mengabarkan, Pjs Bupati Pacitan, Budi Sarwoto,  Rabu (16/10/24), menghadiri peringatan Hari Pangan Sedunia Ke-44 Tahun 2024 tingkat Provinsi Jawa Timur (Jatim). Acara ini, digelar di JX International Convention Exhibition Surabaya.

Pemprov Jatim dalam menggelar peringatan HPS Tahun 2024 juga memberikan penghargaan kepada para Bupati/Wali Kota yang memiliki pretasi dalam pembangunan di bidang pangan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang menerima penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur, sebagai peraih Awards Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2024 Kategori Bidang Ketersediaan Pangan. Penghargaan tersebut diterima oleh Plt Bupati Malang Didik Gatot Subroto, langsung dari Pj Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono.

Prestasi itu merupakan buah keberhasilan Pemkab Malang melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan yang dinilai telah mampu mewujudkan strategi kinerja dari inovasinya, yakni MALANG TAHES KOMES (Ketahanan Pangan, Bebas Stunting, Ekonomi Produktif Berkelanjutan dan Masyarakat Sehat).
Dalam kesempatan ini, penghargaan membanggakan juga diterima Hasan Basori, Kepala Desa Bululawang, Kecamatan Bululawang sebagai Peraih Awards Peduli Ketahanan Pangan Tahun 2024 Kategori Bidang Pangan.(Bambang Pur)