Usai menyerahkan piala kejuaraan lomba dan piagam penghargaan kepada para pemenang event OMC, Kepala Markas PMI Kabupaten Wonogiri, Wardjo (kanan) foto bersama dengan peraih juara lomba.(Dok.Ist)

WONOGIRI (SUARABARU.ID) – Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) Kabupaten Wonogiri, kembali menggelar event One Month Challenge (OMC). Yakni acara tantangan satu bulan, diperuntukkan bagi para aktifis Palang Merah Remaja (PMR) tingkat Madya (Madyaswara) dan Wira (Wirashta).

Ketua Markas Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Wonogiri, Wardjo SSos, menyatakan, event MOC digelar dengan memadukan kolaborasi dua tema. Yaitu tema Social Inclusion dan No Bullying. Cabang lomba yang disajikan, diantaranya lomba video edukasi, menggambar komik (PMR Wira) dan menggambar poster (PMR Madya).

Wardjo, menyatakan, para peserta dan pembina sangat antusias dalam mengikuti rangkaian perlombaan OMC ini. Karena event ini tidak sekedar hanya mengedukasi, tapi juga menjadi sarana untuk menggali potensi para anggota PMR dari masing-masing unit.

Berikut unit PMR yang berhasil memenangi lomba kejuaraannya. Untuk nomor Lomba Video Edukasi Madya, Juara 1 dimenangi PMR dari SMP Negeri 2 Jatisrono, Juara 2 dari SMP Negeri 1 Wuryantoro, Juara Favorit dari SMP Negeri 1 Wonogiri. Juara lomba Poster Madya, juara 12 diraih oleh PMR dari SMP N 1 Wonogiri, Juara 2 dari SMP Negeri Ngadirojo, dan Juara Favorit dari SMP Negeri 1 Slogohimo.

Peduli Solusi

Untuk mata lomba Video Edukasi Wira, Juara 1 diraih oleh PMR dari SMK Negeri 1 Puhpelem, Juara 2 dari SMK Negeri 1 Jatiroto  dan Juara Favorit PMR dari SMK Negeri 2 Wonogiri. Untuk Juara 1 Lomba Komik Wira dimenangi PMR dari SMK Muhammadiyah 1 Baturetno, Juara 2 dari SMK Swasta (S)-6 Pancasila Jatisrono dan Juara Favorit dari SMA Negeri 1 Wonogiri.

FORPIS Wonogiri memberikan spesial apresiasi dengan mengundang para pemenang beserta pembina ke Markas PMI Kabupaten Wonogiri. Yakni untuk mengikuti acara Gelar Apresiasi OMC dan penerimaan penghargaan. Kepala Markas PMI Wonogiri, Warjo, menyampaikan apresiasi atas sukses pelaksanaan event OMC. Kegiatan OMC, tandas Wardjo, menjadi wadah potensi dan dapat menjadi portofolio bagi kegiatan PMR, untuk berprestasi sekaligus mewujudkan tagline ‘Peduli = Solusi’ sebagai peran PMR di masyarakat.

Dalam sambutannnya, Koordinator Forpis Wonogiri, Anisah Salsabila Ramadhani, menyampaikan ucapan terima kasih atas partisipasi dan antusiasme para peserta. Saya, tandas Anisah, memiliki tagline ‘Remaja Peduli, Remaja Beraksi.’ ”Dengan harapan, teman-teman PMR dapat menjadi pelopor di masyarakat,” tandas Anisah sembari menambahkan bahwa event OMC dapat sebagai pemantik keaktifan PMR di seluruh Kabupaten Wonogiri.

FORPIS Wonogiri memiliki harapan, untuk ke depannya PMR di Kabupaten Wonogiri dapat menjadi pelopor sekaligus inspirator. Utamanya dalam mengedukasi dan melakukan aksi nyata, baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. Semua karya video edukasi tidak hanya video pemenang, diunggah pada laman instagram (@forpiswonogiri), dan dapat dinikmati serta dijadikan bahan edukasi bagi seluruh kalangan.(Bambang Pur)