Dema USM gelar Dialog Mahasiswa 2 pada Kamis (3/10/2024).

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Dewan Mahasiswa Universitas Semarang (Dema USM) menggelar Dialog Mahasiswa 2 dengan mengangkat tema ”Satu Harapan Kawal Perubahan” yang berlangsung di Auditorium Ir. Widjatmoko USM pada, Kamis (03/10/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua Pembina Yayasan Alumni Universitas Diponegoro (Undip), Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD, M M, Ketua Senat USM, Prof Dr Hardani Widhiastuti, M M , Psikolog, Rektor USM, Dr Supari, S T, M T, Sekretaris Universitas, Dr Abdul Karim, S E, para Wakil Rektor USM, para Dekan di lingkungan USM, Wakil Ketua Umum Dema USM, Nadya Syahila, serta civitas akademika USM.

Ketua Pelaksana, Nugroho Dwiyan Saputro mengatakan, kegiatan tersebut menjadi jembatan strategis untuk menyalurkan berbagai aspirasi, ide, serta keluhan yang disampaikan oleh mahasiswa kepada pihak-pihak terkait, mulai dari Yayasan Alumni Undip hingga Rektorat Universitas Semarang (USM).

Baca Juga: Isroi, Mahasiswa Magister Hukum USM Dilantik Jadi Ketua DPD GRIB Jateng

Melalui kegiatan ini, mahasiswa memiliki ruang yang terbuka untuk menyuarakan pendapat mereka mengenai berbagai aspek yang berkaitan dengan kehidupan akademik dan non-akademik di lingkungan kampus.

”Dialog Mahasiswa merupakan salah satu program kerja unggulan dari Dema USM yang berperan penting. Melalui kegiatan ini,diharapkan segala masukan, keluhan, dan saran dari mahasiswa dapat tersalurkan dengan baik. Sehingga terjalin komunikasi yang efektif untuk menciptakan lingkungan akademik dan non-akademik yang lebih kondusif, inklusif, dan responsif terhadap kebutuhan mahasiswa,” kata Nugroho.

Dia menambahkan, salah satu aspirasi yang disampaikan mahasiswa adalah terkait Lift di beberapa gedung USM untuk diberi CCTV serta dapat digunakan secara maksimal, tidak sebatas formalitas.

Baca Juga: Tim PkM USM Sosialisasi Diversifikasi Olahan Buah Pala di SMKN H Moenadi Ungaran

”Salah satu aspirasi yang disampaikan mahasiswa itu untuk menambah CCTV di lift. Kami berharap, CCTV yang ada di USM terutama parkiran, mahasiwa dapat mengaksesnya,” tambah Nugroho.

Sementara itu, Ketua Pembina Yayasan Alumni Undip, Prof Sudharto P Hadi, MES, PhD, mengatakan, kegiatan tersebut sebagai tata kelola universitas yang baik dengan tujuan menjadikan USM sebagai universitas yang unggul, dan mahasiswa adalah input serta output sebagai sarjana yang cerdas sesuai dengan yang diharapkan oleh visi misi kampus.

”Dialog ini berguna menampung segala keresahan mahasiswa tanpa adanya kerusuhan. Dialog mahasiswa ini sebagai unsur sinergi pengurus Yayasan dengan mahasiswa. Saya setuju dengan tema yang diangkat dalam Dialog Mahasiswa kali ini,” ucap Prof Sudharto.

Baca Juga: Pembina UKM Basket USM: Kita Bukan Membeli tapi Mencetak Atlet

Hal senada diungkapkan Rektor USM, Dr Supari, S T, M T, Menurutnya, pihaknya sepakat dengan tema dalam Dialog Mahasiswa tersebut.

”Tema yang diangkat adalah satu harapan kawal perubahan. Perubahan pasti terjadi. Perubahan bisa diubah oleh personal ataupun orang lain,” ujar Supari.

Claudia