UKM Basket USM saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, di Studio Radio USM Jaya, Rabu (2/10/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Basket, Universitas Semarang (USM), Ahmad Isyabul Izzi SKom mengatakan, pihaknya tidak membeli atlet, tapi merintis, dan mencetak atlet.

Menurut dia, kalau ada mahasiswa maupun calon mahasiswa yang memiliki bakat bagus, khususnya di bidang basket, nantinya akan dipoles oleh pelatih dari USM, hingga bisa menjadi atlet yang bagus.

Hal itu seperti diungkapkannya, saat menjadi narasumber dalam Talkshow USM Update, di Studio Radio USM Jaya, Gedung N kampus setempat, Rabu (2/10/2024).

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Penyuluhan Hukum ke Kader Penggerak di Kelurahan Trimulyo

Izzi pun menilai, perkembangan UKM Basket USM luar biasa. Hal ini terbukti, dari anggota UKM Basket yang tidak hanya mahir dalam berolahraga, namun juga memperbaiki serta memperkuat kaderisasi dalam berorganisasi.

”Masih berkesan sekali bagi saya waktu Pomprov 2022 atau 2023. Bisa dikategorikan kita underdog, tapi saya lihat kemampuan yang mumpuni dan tim yang baik, bisa mengalahkan tim unggulan. Jadi saat itu perjuangan temen-temen luar biasa. Mau jatuh bangun mengharumkan nama USM. Saya apresiasi betul perjuangan mereka,” ucap Izzi.

Talkshow yang dipandu penyiar Radio USM Jaya, Putri Sabila itu, juga mendatangkan beberapa atlet basket USM. Di antaranya Asca Regina Wahyuning Widi, Dian Wijayanti, Gilberth Julio Wattimena, dan Yordan Ezra Marcellino.

BACA JUGA: Calon Pimpinan DPRD Kudus Ditetapkan, H Masan Kembali Menjadi Ketua

Dalam perbincangan itu, Dian Wijayanti mengatakan, sudah menyukai basket sejak kelas 7 SMP. Saat kuliah di USM pun, dia masuk karena ada UKM Basket. Hal itu diketahuinya, usai ada kakak tingkat yang memberitahu, lalu merekomendasikan untuk kuliah di USM.

Hal senada diungkapkan rekannya, Aska Regina Wahyuning Widi. Menurutnya, dia suka dalam dunia basket sejak SMP, dan mendapatkan tawaran kuliah di USM.

Sementara itu, Gilberth Julio Wattimena dan Yordan Ezra Marcellino menyampaikan, yang ingin mengembangkan bakatnya bisa bergabung masuk ke USM.

Seperti diketahui, Yordan merupakan atlet basket dari USM yang lolos masuk ke Timnas Basket Indonesia U23. Berawal saat mengikuti pertandingan yang mewakili USM, dan menjadi runner up di Liga Mahasiswa Tingkat Nasional 2022.

Riyan