Tim PkM USM lakukan sosialisasi diversifikasi olahan buah pala di SMKN H Moenadi Ungaran.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Tim Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Semarang (PkM USM) melakukan Sosialisasi Diversifikasi Olahan Buah Pala kepada siswa SMK Negeri H Moenadi Ungaran, Kabupaten Semarang pada, 1 Oktober 2024.

Kegiatan ini diikuti 52 siswa-siswi SMK Negeri H Moenadi kelas XII jurusan Agribisnis Pengolahan Hasil Pertanian (APHP) dan beberapa guru antara lain, Taat Sutarso, S TP, Sugiarto, S TP dan Wena Risaditya Putri, S TP.

Tim PkM USM terdiri atas Ketua Dr Ir Bambang Kunarto, MP, anggota Dr Ir Rohadi, MP, dan Ir Ery Pratiwi, MP.

Baca Juga: Pembina UKM Basket USM: Kita Bukan Membeli tapi Mencetak Atlet

Menurut Bambang, Pala (Myristicafragrans Houtt) merupakan salah satu rempah-rempah unggulan Indonesia yang memberikan kontribusi 70-75% suplai pala dunia.

Hasil utama tanaman pala adalah buah pala yang terdiri dari daging buah, fuli, dan biji dan digunakan dalam industri pangan (makanan dan minuman), farmasi maupun obat tradisional.

”Daging buah pala (perikarp) lebih sering diabaikan, namun mengandung senyawa bioaktif yang telah banyak diteliti sebagai antioksidan, antimikroba, antidiabetes, antikanker, serta agen antiinflamasi, dan antidepresan. Hal ini menunjukkan potensi besar untuk digunakan sebagai pangan fungsional,” katanya.

Baca Juga: Tim PKM USM Beri Penyuluhan Hukum ke Kader Penggerak di Kelurahan Trimulyo

Dia mengatakan, pihaknya memberikan materi tentang yang disampaikan pada kegiatan ini potensi pangan fungsional buah pala dan aplikasi turunan buah pala untuk pangan.

Topik pembuatan serbuk instan sari buah daging pala disampaikan Dr Ir Bambang Kunarto, MP, sedangkan Teknologi Pembuatan sirup pala disampaikan Dr Ir Rohadi, MP.

Adapun materi Teknologi Pembuatan jelly drink disampaikan Ir Ery Pratiwi, MP.

Baca Juga: Tiga Atlet USM Raih 1 Emas, 2 Perak di Pati Combat Sport

”Pada kegiatan ini kami juga menunjukkan cara pembuatan serbuk instan, sirup dan jelly drink berbasis pala yang dipraktikkan oleh mahasiswa Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Semarang, Faisal Firmansyah, Bhisma Aulia Rahman, dan Dela Selvi Puspitasari,” ujarnya.

Dia menambahkan, kegiatan tersebut terdapat keterkaitan antara Jurusan Teknologi Hasil Pertanian Universitas Semarang dengan siswa-siswi SMK Negeri H Moenadi jurusan APHP karena berada pada rumpun ilmu yang sama.

Sementara itu, kegiatan tersebut mendapat apresiasi positif dari Ketua Jurusan APHP SMK Negeri H. Moenadi, Taat Sutarso, S.TP.

Menurutnya, peran USM dalam melakukan sosialisasi menjadi faktor yang sangat penting bagi siswa. Pasalnya, para siswa selain mendapatkan wawasan berkaitan dengan dunia perkuliahan, juga melihat potensi yang dikembangkan di USM menjadi pertimbangan mereka dalam memilih PT untuk melanjutkan setelah lulus, dan relate dengan kompetensi yang dipelajari di SMK.

Claudia