Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang bersama Airnav Semarang tandatangani kerja sama LOCA. Foto: Humas

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Guna mempercepat penanganan operasi SAR khususnya terhadap kecelakaan pesawat udara di wilayah kerja, Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang menjalin kerja sama dengan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau lebih dikenal Airnav Indonesia Cabang Semarang.

Kerja sama dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Koordinasi Operasional atau LOCA (Letter of Operational Coordination Agreement) yang berlangsung di Kantor Airnav Semarang pada Selasa (1/10/2024).

Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono dengan General Manager (GM) Airnav Semarang, Budi Mahmudi dan disaksikan Kepala Biro Hukum dan Kerjasama Basarnas, Didi Hamzar melalui aplikasi video conference Zoom.

BACA JUGA: Basarnas Semarang Tingkatkan Kompetensi Bidang SAR Melalui Pelatihan Skema Gunung Hutan

Penandatanganan LOCA dengan Airnav Semarang ini merupakan implementasi dari amanah Undang-Undang nomor 29 tahun 2014 tentang Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas, yang mana salah satu tugas Basarnas adalah menyelenggarakan operasi SAR terhadap kecelakaan pesawat udara.

Diketahui Airnav Indonesia merupakan sebuah badan usaha pemerintah yang menyelenggarakan pelayanan navigasi penerbangan di Indonesia, sehingga semua data penerbangan termonitor di Airnav Indonesia. Perlu dilakukannya kerja sama melalui LOCA untuk pemenuhan kebutuhan, khususnya informasi data penerbangan apabila terjadi suatu case terhadap pesawat udara.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang, Budiono menyoroti meningkatnya permintaan moda transportasi udara, sehingga muncul kerawanan terhadap potensi terjadinya kecelakaan pesawat udara.

BACA JUGA: Basarnas Semarang Gelar Pelatihan Teknis Pertolongan Pertama di Wilayah Pekalongan

“Kantor Pencarian dan Pertolongan Semarang sebagai sektor di bidang pencarian dan pertolongan dituntut untuk memberikan pelayanan pencarian dan pertolongan dengan cepat, tepat dan aman terhadap kecelakaan pesawat udara yang terjadi di wilayah kerja kami,” ungkapnya.

Ia berharap dengan kerja sama LOCA ini menjadi pedoman bersama dalam mengambil sikap dan tindakan terpadu terkait koordinasi dan pertukaran informasi penyelenggaraan operasi pencarian dan pertolongan kecelakaan pesawat udara.

GM Airnav Semarang, Budi Mahmudi menyambut baik adanya LOCA ini, mengingat keselamatan penerbangan dan kecepatan penanganan kecelakaan penerbangan merupakan sebuah prioritas utama, sehingga dapat memberikan rasa nyaman dan aman masyarakat.

Ning S