Dua mahasiswa UKSW berhasil rebut gelar juara dalam PON XXI Aceh. Foto: UKSW

SALATIGA (SUARABARU.ID) – Dua mahasiswa Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) berhasil merebut gelar juara dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh dan Sumatera Utara (Sumut) 2024, baru-baru ini.

Mereka adalah Lidwina Ruth R. D. Saputri mahasiswa Program Studi (Prodi) Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis (FEB) dan Muhammad Rubin Caesar mahasiswa Fakultas Hukum (FH).

Pada ajang bergengsi tingkat nasional ini, Ruth R. D. Saputri berhasil membawa pulang medali emas cabang olahraga (cabor) Basket 3 x 3 Putri bersama tim PON Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). “Puji Tuhan seneng banget bisa mendapatkan medali emas di PON XXI Aceh- Sumut 2024,” ungkapnya, Senin (30/9/2024).

Mahasiswa yang menekuni olahraga basket sejak kelas 3 SD ini menceritakan bahwa kesibukan perkuliahan tidak mengurangi semangat dan kegigihannya untuk mengikuti PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Latihan untuk persiapan PON Aceh-Sumut kurang lebih hampir satu tahun. Beberapa latihan yang kami lakukan diantaranya mengikuti pertandingan dan sparing untuk uji coba tim serta menyatukan chemistry,” ungkapnya.

Tak hanya berprestasi di kancah nasional, Ruth juga menorehkan berbagai prestasi gemilang di tingkat internasional seperti mengikuti Tim Nasional (Timnas) U18 di India 2022 dan Timnas Basket 3×3 National League Kuala Lumpur 2024.

Raih medali perunggu

Sementara itu, Muhammad Rubin Caesar pembalap muda yang saat ini tercatat sebagai mahasiswa baru angkatan 2024 di FH UKSW sukses menyabet medali perunggu pada cabor Bermotor Grasstrack kategori Trail Standar 150cc Beregu di PON XXI Aceh dan Sumut tersebut.

Crosser Rubin Caesar dengan penuh semangat mengungkapkan bahwa target pribadinya untuk membawa pulang medali pada kompetisi PON XXI Aceh dan Sumut akhirnya berhasil ia wujudkan.

“Saya sangat senang bisa berhasil meraih medali pada PON kali ini. Keikutsertaan saya dalam kompetisi bergengsi di indonesia ini dapat menambah pengalaman dan keinginan untuk memacu kualitas diri lebih baik lagi,” katanya.