Dua mahasiswa UKSW berhasil rebut gelar juara dalam PON XXI Aceh. Foto: UKSW

Ia menceritakan bahwa untuk kedua kalinya dirinya mewakili Jawa Tengah sebagai peserta dalam ajang PON. “Persiapan yang saya lakukan untuk mengikuti kejuaraan PON XXI Aceh dan Sumut ini adalah latihan fisik setiap hari seperti fitness, lari, dan latihan balap di sirkuit,” bebernya.

Putra sulung dari pembalap legendaris Akbar Taufan ini memulai debutnya di dunia kompetisi grasstrack pada usia 7 tahun, tepatnya pada 2013. Tak heran, berbagai raihan prestasi di kancah nasional telah diraihnya, diantaranya Juara Umum Open dan Pemula Nasional JC Supertrack Seri 2 2022, Juara Umum GTX Open Nusa Tenggara Timur 2022, Juara Umum Kejuaraan Nasional Cup JC Supertrack 2023 CTX Pemula, Juara Umum GTX Open Papua 2023, dan Juara Nasional Trail Standar 155cc Pemula 2023.

Kebanggaan bagi UKSW

Prestasi gemilang ini tak hanya menjadi kebanggaan bagi Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, melainkan juga mengharumkan nama kampus Indonesia Mini UKSW di kancah nasional. Direktur Direktorat Kemahasiswaan (DEM) Giner Maslebu, S.Si., S.Pd., M.Si., menyampaikan UKSW merupakan perguruan tinggi yang mendukung pengembangan diri mahasiswanya.

“UKSW memberi ruang yang sebesar-besarnya untuk setiap orang mengembangkan potensi diri, bakat, dan minatnya yang dapat menunjang keberhasilan studi dan sukses belajar,” ujarnya.

Giner Maslebu menambahkan bahwa hal ini selaras dengan Skenario Pola Pembinaan Mahasiswa (SPPM) UKSW yang menekankan pada aspek profesional skill dan humanistik skill sebagai penciri creative minority.

“Keberhasilan teman-teman mahasiswa UKSW meraih juara pada beberapa cabang olahraga dalam PON Aceh Sumut 2024 adalah kontribusi nyata prestasi mahasiswa UKSW bagi kemajuan olahraga di Republik Indonesia,” ungkapnya.

Tak hanya Lidwina Ruth dan Rubin Caesar, UKSW juga diberkati dengan keikutsertaan 21 mahasiswa lainnya berstatus para atlet daerah nasional yang dipercayakan mewakili berbagai provinsi yakni Provinsi Bangka Belitung, Papua, Jawa Tengah, Bali, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Ke 21 mahasiswa tersebut berlaga di beberapa cabor seperti Basket 5×5 Putra dan Basket 5×5 Putri. Mereka adalah para atlet profesional sekaligus mahasiswa berprestasi di UKSW.

Prestasi membanggakan ini merupakan bukti UKSW untuk mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGs) ke- 3 kehidupan sehat dan sejahtera serta ke-4 pendidikan berkualitas.

Ning S