Tim PkM USM berfoto bersama karyawan KJRI Penang dan TKW Indonesia, usai melakukan senam Zumba. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pelatihan senam Zumba, kepada karyawan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Penang dan TKW Indonesia, di Halaman Kantor KJRI Penang, Malaysia.

Tim PkM USM terdiri dari Ketua Andi Nurcahyo SPd MPd, anggota Faisal Yusuf BA MM MBA dan Diah Aryati Puji Lestari SSi MSi. Mereka dibantu dua mahasiswa USM, Ivan Maulana A dan Fauzi Slamet N.

Dalam keterangannya Andi mengatakan, kegiatan itu merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Tujuannya, meningkatkan gerak motorik dengan materi senam Zumba. ”Kami berharap, melalui kegiatan ini masyarakat lebih mengenal USM, serta menambah pemahaman tentang senam Zumba,” katanya.

BACA JUGA: Siswa SD Se-Kabupaten Semarang Mengikuti Nobar, dengan Tema Pendidikan Karakter Gen-Z di Era Digital

Menurutnya, kegiatan ini memiliki banyak manfaat. Antara lain, kampus USM semakin dikenal masyarakat, serta pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi tercapai. Selain itu, menambah kekayaan gerakan dalam kegiatan senam untuk masyarakat, khususnya karyawan KJRI dan TKW Indonesia.

”Senam Zumba merupakan senam irama dengan gerakan tangan dan kaki, serta menggerakkan anggota tubuh. Senam Zumba juga bisa menambah psikomotor dan Vo2 Max,” ujarnya.

Riyan