Dua kubu paslon Wali Kota/Wakil Wali Kota Semarang saling geber saound system di Hotel Patra Jasa. Foto: Hery Priyono

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Dua kelompok massa relawan dari masing – masing kubu pasangan calon (paslon) Agustina Wilujeng – Iswar Aminuddin (Jaguar) dan Yoyok Sukawi – Joko Santoso (Yok Joss) saling “bentrok” di halaman Hotel Patra Jasa, Selasa sore 24 September 2024.

Bukan dalam bentuk baku hantam kekerasan fisik secara brutal, para relawan dari masing-masing kubu paslon tersebut saling beradu seru-seruan yel-yel dukungan dan keras-kerasan suara sound system amplifier speaker yang dijejer di atas truk tronton di depan ballroom hotel.

Kedua massa relawan baik dari kubu Jaguar dan kubu Yok Joss datang meramaikan sekaligus mendukung masing-masing pasangan jagoannya yang hadir dalam kegiatan Deklarasi Kampanye Damai yang diadakan oleh KPU Kota Semarang.

Teriakan yel-yel dari massa kubu Jaguar berulang-ulang meneriakkan ‘Juarane nomer 1’ sembari diiringi musik bervolume maksimal, sementara massa kubu Yok Joss mengumandangkan yel-yel ‘1 dibuka, 2 dicoblos’, dengan diiringi musik kencang yang hampir serupa.

“Sampai saat ini masih belum ditemukan adanya pelanggaran, kalau ini (adu yel – yel) masih terbilang euforia dari massa masing-masing kubu. Harapannya dalam kampanye ini tidak ada konflik dan bisa berjalan damai,” kata Ketua Bawaslu Kota Semarang, Arief Rachman.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Semarang, Ahmad Zaini, mengatakan, acara Deklarasi Kampanye Damai tersebut merupakan rangkaian dari tahapan Pilkada Kota Semarang 2024 setelah sehari sebelumnya pihak KPU Kota Semarang menggelar giat Pengundian Nomor Urut Paslon.

“Tahapan kampanye Pilwakot Semarang 2024 akan dimulai pada 25 September hingga 23 November 2024. Deklarasi Kampanye Damai ini merupakan komitmen bersama antara paslon, partai pengusung, simpatisan, seluruh tim kampanye agar bisa melaksanakan kampanye secara damai dengan mengikuti peraturan yang berlaku,” katanya.