WR III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH, saat memberikan paparannya di acara Pakem 2024. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Wakil Rektor III Universitas Semarang (USM), Dr Muhammad Junaidi SHI MH mengatakan, kegiatan Pengenalan Akademik dan Kegiatan Mahasiswa (Pakem) 2024 ini, tidak hanya bicara soal bidang akademik saja. Tetapi juga tentang organisasi mahasiswa, yang menjadi cikal bakal untuk berkreasi.

Penyataan itu seperti yang disampaikannya, saat memberikan sambutan mewakili Rektor USM Dr Supari ST MT, dalam acara Pakem USM 2024, yang berlangsung di Gelora Prof Sudarto SH, Senin (9/9/2024).

Pada hari terakhir Pakem mahasiswa baru USM itu, dihadiri Kepala Biro Administrasi Akademik Kemahasiswaan dan Alumni Anantya Roestanto SE MM, Kabag Kemahasiswaan dan Alumni Wahyu, Kasubag Informasi Mahasiswa Sudarmono, Kasubag Beasiswa dan Kesejahteraan Haris Setiawan SKom, Kasubag Tracer dan Alumni Agus Susanto, serta staf kemahasiswaan USM.

BACA JUGA: Mobil Gokart Listrik Kreasi Mahasiswa Teknik Elektro USM Dipuji BRIN

”Di USM ada bentuk organisasi tingkat fakultas dan universitas. Untuk organisasi di tingkat universitas tidak hanya BEM dan Dema, tapi juga semua UKM. USM memiliki 36 UKM, silakan pilih untuk mengembangkan prestasi, karier, kepemimpinan, leadership, dan lain sebagainya,” saran Junaidi.

Menurutnya, mahasiswa perlu memahami, sebagai warga negara Indonesia harus tunduk dan patuh terhadap UUD 1945. Dimana hal ini menjadi prinsip untuk berorganisasi.

”Penerapan UUD 1945 itu berbeda dengan penerapan UU. Jadi jangan disamakan. Yang kita terapkan itu UU, bukan UUD 1945. Salah satu hal yang fundamental dalam konstitusi yang diamanatkan yaitu, prinsip dasar mendapatkan keinginan untuk berekspresi, kebebasan berorganisasi, dan kebebasan berpendapat,” ujarnya.

BACAJUGA: USM Juara Umum Kejuaraan Bulu Tangkis UGM Cup 2024

Oleh karena itu, lanjut Junaidi, USM membuka mimbar akademik selebar-lebarnya untuk mengembangkan diri pribadi, eksistensi, kewirausahaan, dan prinsip-prinsip sebagai mahasiswa USM yang maju serta berkualitas.

”Hari ini menjadi hal yang terpenting, harus maju dan berkembang untuk USM, supaya berkembang menjadi masa depan kehidupan bangsa. Terus berkembang untuk USM dan salam hormat untuk kita semua, untuk mahasiswa yang lebih jaya,” tegasnya.

Riyan