Bupati Kebumen Arif Sugiyanto berdialog dengan warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, yang mengikuti layanan sosiomedis dari RSUD dr Soedirman,Senin 9/9.(Foto:SB/Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – RSUD Dr Soedirman Kebumen kembali menggelar kegiatan sosimedis di kawasan pantai selatan Kecamatan Klirong, Senin 9/9.

Kali ini program hospital social responsibility (HSR) tersebut dipusatkan di Pendopo Balai Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong.

Pelayanan sosiomedis ini dihadiri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Dandim 0709 Letkol CZi Ardianta Purwandhana, para pimpinan OPD, Camat Klirong Eko Purwanto dan diikuti sekitar 700 warga.

Bupati menyambut baik kegiatan ini yang terus diadakan di desa-desa guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dengan sistem jemput bola.

“Dengan sosiomedis ini kita berikan pengobatan gratis kepada warga dengan sistem jemput bola. Kita adakan di desa-desa, kelurahan terus muter, begitu juga di sekolah dan pondok pesantren. Menjangkau yang tidak terjangkau,”ujar Arif Sugiyanto.

Direktur RSUD dr Soedirman dr Arif Komedi memberi sambutan pada layanan sosiomedis di Desa Tanggulangin, Klirong,Senin 9/9.(Foto:SB/Kominfo)

Menurut Bupati, salah satu ciri daerah itu maju manakala warganya bisa hidup sehat. Kesehatan menjadi sangat penting dan berharga. Oleh karena itu perhatian pemerintah terhadap kesehatan masyarakat sangat tinggi.

“Pengobatan gratis seperti ini masih terus kita gencarkan. Saya minta agar rumah sakit daerah ini memberikan pelayanan sampai desa-desa. Bagaimana daerah akan maju, kalau warganya banyak yang sakit,”tandasnya.

Direktur RSUD dr Soedirman Arif Komedi di sela-sela kegiatan menyampaikan, beberapa layanan kesehatan diberikan meliputi pemeriksaan kesehatan. Seperti pemeriksaan laboratorium sederhana seperti cek Hb, GDS, kolesterol, asam urat.

Kemudian pengobatan mata, layanan KB IUD dan implant, khitanan massal, konsultasi gizi, cek kehamilan, dan pemberian makanan bergizi, vitamin bagi penderita stunting.”Semua diberikan secara gratis, termasuk obatnya,”jelas dokter Komedi.

Menurut Komedi, RSUD dr Soedirman juga memberikan edukasi kesehatan yang disampaikan oleh dokter spesialis di bidangnya. Dokter menjelaskan beberapa penyakit seperti gula darah, jantung, rematik, darah tinggi, kolestrol, dan sekaligus bagaimana cara hidup sehat.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kebumen setinggi-tingginya,”ujar Komedi.

Agar tidak membosankan RSUD dr Soedirman juga memberikan puluhan doorprize sepeda serta hadiah lain yang diberikan kepada masyarakat yang mampu menjawab pertanyaan dari pihak rumah sakit.

Komper Wardopo