Tasya Ivanka. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Mahasiswi Ilmu Komunikasi (Ilkom) Universitas Semarang (USM), Tasya Ivanka, berhasil meraih Juara I Kategori Solo Vokal, dalam ajang Kreativesia 2024, yang diselenggarakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pengumuman pemenang disampaikan pada Sabtu (31/8 2024), di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan, Kota Banjarbaru. Dengah hasil ini, Tasya pun mengungkapkan rasa syukur dan kebahagiaannya, setelah diumumkan sebagai pemenang di kategori Solo Vokal.

Dalam wawancara, Tasya menceritakan pengalaman menarik yang dialaminya, saat pengumuman juara. Menurut dia, perasaannya sangat senang dan bahagia sekali, meskipun beberapa saat sebelum pengumuman, dirinya sempat terkena asam lambung, dan harus kembali ke hotel.

BACA JUGA: Sumur dan Embung Mengering, Warga Blora Andalkan Bantuan Air

”Tapi saat melihat pengumuman melalui siaran langsung di hotel dan tahu saya juara, rasa kaget dan bahagia langsung membuat sakit asam lambung saya hilang. Saya bahkan minta segera kembali ke venue,” ungkap Tasya.

Disampaikan dia, motivasinya mengikuti Kreativesia ini, untuk bertemu teman-teman sehobi yang kreatif, dan saling bertukar pikiran.

”Motivasi saya ikut kompetisi ini adalah untuk bisa mendapatkan teman-teman yang sehobi. Mereka pasti keren dan bisa saling bertukar pikiran, terutama dalam hal menyanyi. Serta menambah teman dari berbagai daerah di Indonesia,” tambahnya.

BACA JUGA: Hari Bhayangkara Lalu Lintas, Satlantas Polres Grobogan Gelar Donor Darah

Meski persiapannya terbilang singkat, Tasya tetap mampu memberikan penampilan yang maksimal. ”Persiapannya sangat singkat, tidak sampai satu bulan. Tantangannya, lagu-lagu yang saya bawakan cukup berat. Jdi saya harus bisa mengontrol emosi dan teknik bernyanyi dengan baik,” jelasnya.

Tasya mengungkapkan, tema yang diusung pada Kreativesia kali ini adalah, ‘Inovasi dan Ide Kreativitas Tak Terbatas Pemuda Indonesia di Bidang Sosial, Budaya, Ekonomi, dan Pemanfaatan Teknologi Digital’. ”Kompetisi ini bertujuan mendorong para pemuda untuk terus berinovasi di berbagai bidang.

Tasya berharap, bisa terus berkembang dan memberikan inspirasi bagi orang lain. ”Saya ingin bisa menjadi pribadi yang lebih berkembang dari sebelumnya, dan bisa menginspirasi banyak orang, terutama dalam hal bernyanyi. Saya juga berharap, bisa terus menambah wawasan di bidang musik,” ungkapnya.

BACA JUGA: Lomba Burung Piala Johar Baru Antusiasme Tinggi dan Persaingan Ketat

Sementara itu, Dekan FTIK USM, Prind Triajeng Pungkasanti SKom MKom, mengapresiasi prestasi yang diraih mahasiswinya itu. Dia berharap, Tasya bisa meningkatkan kemampuannya, sehingga bisa berprestasi bagus lagi di event Nasional.

”Kami mengapresiasi prestasi Tasya. Kami berharap, prestasi yang diukir Tasya bisa memotivasi mahasiswa yang lain, untuk mengukir prestasi yang lebih bagus lagi, sehingga bisa mengharumkan nama USM di event Nasional,” ungkapnya.

Riyan