Warga Dologan antre terima air bersih bantuan dari PMI Blora, Minggu, 1 September 2024. Foto: Kudnadi Saputro Blora

BLORA (SUARABARU.ID) — Pendistribusian air bersih merupakan bentuk kepedulian bersama, untuk membantu dan meringankan beban masyarakat yang terdampak kekeringan akibat musim kemarau yang melanda wilayah Blora saat ini.

Dengan cepat Pemerintah Kabupaten Blora melalui Palang Merah Indonesia (PMI)  Kabupaten Blora bersama Babinsa Koramil 15/Japah Kodim 0721/Blora mendistribusikan air bersih pada Minggu, 1 September 2024, untuk warga Desa Dologan, Kecamatan Japah Kabupaten Blora.

Pada kesempatan itu, Petugas PMI Blora menyampaikan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Blora melalui PMI Blora kepada warga masyarakat dalam mengatasi krisis air bersih.

“Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari warga, saat musim kemarau seperti sekarang ini,” ujar Petugas PMI Blora.

Sementara itu, Babinsa Koramil 15/Japah Kodim 0721/Blora Serda Kasmani di sela kegiatannya mengatakan, bahwa bantu distribusi air bersih ini merupakan bentuk kepedulian TNI bekerjasama dengan PMI Blora.

“Membantu warga masyarakat dalam mengatasi krisis air bersih demi kebutuhan sehari-hari,” ucap Serda Kasmani.

Ketersediaan air bersih, lanjut Babinsa Koramil 15/Japah, memang menjadi kebutuhan pokok masyarakat sehari-hari.

“Kami berharap melalui pendistribusian ini dapat membantu meringankan beban dan kesulitan warga selama musim kemarau,” ungkap Babinsa Koramil 15/Japah.

Untuk diketahui, pantauan dilapangan, Selasa, 3  September 2024 hujan di wilayah Blora sudah jarang turun, sawah sudah mulai mengering karena embung juga airnya berkurang (cenderung asat), sumur – sumur warga airnya juga sudah tidak ada, nyaris asat, kondisi ini sudah berlangsung sekira tiga bulanan.

Kudnadi Saputro