Suasana Lomba Piala Johar baru sesi Murai batu

Semarang (SUARABARU.ID) – Minggu, 01 September 2024, kolaborasi antara CBS Jr, Orbit 99, dan Café Melody sukses menyelenggarakan Lomba Burung Piala Johar Baru. Acara ini diadakan di Relokasi Pasar Johar Baru / MAJT Semarang dan sekaligus menjadi ajang launching gantangan baru CBS Jr – Orbit 99. Gelaran ini menarik perhatian banyak pecinta burung dengan antusiasme luar biasa, terlihat dari jumlah peserta yang hadir.

Lomba dibagi menjadi dua kategori, yaitu Kelas Komunitas dan Kelas Kicauan. Kelas Komunitas dimainkan pada sesi awal dan melibatkan burung Kenari, Lovebird, Konin, dan Sogon. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi utama Kelas Kicauan yang terdiri dari Murai Batu, Cucak Ijo, Kacer, dan Cendet.

Namun, tidak semua berjalan sesuai rencana. Joko Fadhil, salah satu punggawa lomba ini, menyampaikan permintaan maafnya kepada peserta Kelas Kicauan karena jadwal main mereka mengalami keterlambatan. Hal ini disebabkan oleh permintaan komunitas yang tinggi, yang memaksa jadwal Kicauan ditunda. “Kami mohon maaf atas keterlambatan ini, dan kami akan berusaha untuk lebih baik di event-event mendatang,” ucapnya.

Joko Fadhil (topi )dan Maspion Panitia dari Piala Johar baru

Sementara itu, Maspion, yang juga menjadi panitia, menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta yang hadir dan juga meminta maaf atas kekurangan, terutama dalam hal penjurian. Ia berjanji bahwa ke depannya, panitia akan terus berbenah demi kemajuan bersama. “Tunggu kami di event-event yang akan datang, kami akan menyuguhkan yang terbaik untuk kicau mania,” tambahnya.

Foto bersama tim juri CBS Jr dan crew

Persaingan di arena lomba sangat ketat. Banyak gaco-gaco andalan yang turun, membuat perebutan juara semakin menarik. Murai Batu SG milik Hendy Josh dari Semarang tampil memukau dengan pukulan panjang dan volume keras yang mencolok di antara lawan-lawannya. Meski tanpa persiapan matang, SG berhasil meraih juara satu di Kelas Utama, menurut Hendy Josh. “SG tampil tanpa persiapan, namun puji Tuhan, ia menunjukkan performa yang cukup baik, meski belum maksimal,” terangnya.

Murai batu SG juara satu kelas utama Piala Johar Baru

Murai Batu Sincan harus puas menjadi runner-up setelah sebelumnya memenangkan tiket 220K. Sementara itu, Murai Batu Kaisar milik Kang Supri WBC juga menjadi runner-up di Kelas Johar. Kang Supri mengakui bahwa Kaisar tampil tidak dalam kondisi terbaik karena datang terlambat akibat urusan di pagi hari. “Syukur alhamdulillah, meski tidak dalam top performa, Kaisar masih mau tampil,” jelasnya.

Murai batu Kaisar harus puas menjadi runner up

Di Kelas Kacer, Kacer Sambo milik Kenan dari tim HK 303 SF berhasil mencuri perhatian dengan menjadi juara satu dua kali alias double winner. Dengan performa apik dan stabil serta gaya eksotis dan irama lagu yang bervariasi, Sambo unggul di antara lawan-lawannya.

Kacer Sambo terbaik dengan double winner

Secara keseluruhan, Lomba Burung Piala Johar Baru berjalan lancar dari awal hingga akhir. Persaingan ketat dan antusiasme tinggi dari para peserta menandai kesuksesan gelaran ini. Panitia berharap untuk terus memberikan yang terbaik di event-event mendatang, demi memuaskan para kicau mania yang telah mendukung acara ini.

Berikut data juara kategori Kicauan :

(Dwi_Prie)