Pesta Rakyat Kebumen bakal menampilkan produk UMKM, pentas musik Jamrud dan solawatan 23-25/8.(Foto:SB.Kominfo)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen bakal menggelar even Pesta Rakyat Kebumen (Perak) yang akan berlangsung tiga hari, 23-25 Agustus 2024 di Alun-alun Pancasila Kebumen.

Pembukaan pesta rakyat Kebumen akan berlangsung pada Jumat malam 23 Agustus 2024 di kompleks Alun-alun Kebumen.

Ketua Penyelenggara Perak Sri Kuntarti mengungkapkan, even ini merupakan inisiasi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yang terus berupaya mendongkrak perekonomian dan kreativitas masyarakat, seperti halnya Kebumen International Expo (KIE).

Tema dari kegiatan ini adalah “PKK Peduli UMKM. “Selain ajang pameran, PERAK  juga menyajikan Kebumen Bersolawat, hiburan konser musik papan atas Jamrud dan tari-tarian daerah.

“Waktu pelaksanaannya pun lebih singkat dibanding  KIE, yaitu hanya tiga hari, dan akan dibuka pada Jumat malam 23 Agustus 2024,”ujar Sri Kuntarti, Kamis (22/8).

Sabtu24/8 malam ada pentas Jamrud di Alun-alun Kebumen,(Foto:SB/Kominfo)

Sri Kuntarti menuturkan, kegiatan Perak akan dimulaiJumat pagi 23 Agustus 2024 dengan acara seminar UMKM di Pendopo Kabumian. Kemudian siang ada tarian tradisional Ebeg, dan opening akan dilaksanakan pada Jumat malam  dengan acara Solawatan bareng KH Mustafid, dari Pemalang, dan Gus Johan Amru.

Di hari kedua, ada fashion show dari Tim Penggrak PKK,  barongsai, kemudian malam ada kegiatan Konser Musik bersama Jamrud. Sri Kuntarti menyampaikan, untuk kegiatan ini, pihaknya menyediakan 150 stan untuk PKK dan UMKM se Kabupaten Kebumen.

“Perak ini sesuai dengan temanya PKK Peduli UMKM utamanya adalah memberikan wadah bagi Tim Penggerak PKK di 26 kecamatan untuk mempromosikan produk unggulan baik dari desa maupun kelurahan. Termasuk menyandingkan program-program unggulan PKK. Total  ada 217 UMKM yang ikut dalam kegiatan ini,”terangnya.

Selain itu juga menyediakan stan untuk Pokdarwis, Bumdes dan Kelompok Wanita Tani.  “Perak  ini diselenggarakan sebagai pembinaan dan pemberdayaan UMKM untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat, menuju masyarakat sejahtera,”imbuhnya.

Adapun Konser Jamrud digelar secara gratis guna memberikan hiburan kepada masyarakat, juga dimaksudkan membahagiakan masyarakat di HUT RI dan Hari Jadi Ke 395 Kebumen

Di hari terakhir, Minggu 25 Agustus masih ada kegiatan senam pagi dengan KORMI, lalu Gebyar Paud, dan Perlombaan Barberfest. Yuk datang dan ramaikan Pesta Rakyat Kebumen.

Komper Wardopo