Ketua RT 6 RW 5, Rahmat Taufiq, saat memberikan arahan kepada para peserta lomba. Foto: Tya Wiedya

GROBOGAN (SUARABARU.ID) – Bulan Agustus adalah bulan Istimewa bagi bangsa Indonesia. Grengseng menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia yang masuk angka 79 tahun sangat terasa.

Masyarakat beramai-ramai memeriahkan HUT ke-79 RI ini dengan mengadakan berbagai lomba yang digelar di tingkat RT hingga Tingkat yang lebih tinggi, termasuk di Kabupaten Grobogan.

Di antaranya kegiatan lomba menghias rumah yang dilakukanj warga Perumahan Bumi Kalongan Indah RT 6 RW 5, Kelurahan Kalongan, Kecamatan Purwodadi, Minggu 4 Agustus 2024.

Kegiatan menghias rumah ini menggunakan tema go green yang memanfaatkan sampah daur ulang. Ada 30 KK yang mengikuti lomba menghias rumah tersebut. Berbagai pernak-pernik terlihat seperti mempergunakan barang-barang bekas menjadi barang yang mempunyai nilai seni yang sangat indah.

Baca juga Wujudkan ‘Commander Wish’ Kapolda, Pimpinan Polres Grobogan Terjun Langsung Atur Lalu Lintas

“Lomba menghias rumah ini sudah dilaksanakan setiap momen Tujuh Belasan. Tahun ini kita sengaja gelar di awal bulan Agustus. Temanya go green, yaitu menghias rumah dengan konsep memanfaatkan barang-barang bekas yang awalnya dibuang sia-sia, tetapi bisa kita pungut, kita lakukan penataan seperti pengecatan, akhirnya bisa memberikan nilai dan daya tarik tersendiri,” ujar Ketua Panitia kegiatan lomba hias rumah ini, Suswanto Saputro.

Piala Bergilir

Suswanto mengatakan, lomba ini hanya berhadiah piala bergilir saja. Jika tahun 2023 lalu, pemenang lomba yakni Yoga Sumpeno dan tahun ini mungkin yang menjadi juara dari warga lain, hadiahnya berupa penyerahan piala secara estafet dari pemenang sebelumnya ke pemenang lomba tahun ini.