Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang, Suharsono.

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Koalisi Semarang Maju yang terdiri atas enam partai politik (Demokrat, PKB, PKS, PAN, PPP, dan Nasdem) yakin jika calon wali kota yang akan diusungnya, AS Sukawijaya alias Yoyok Sukawi, menang dalam kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024.

Hal ini dikatakan oleh Ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kota Semarang, Suharsono usai menghadiri acara slup-slupan pembukaan Posko Pemenangan Koalisi Semarang Maju di eks-rumah makan Soto Bangkong, Jalan Setiabudi, Banyumanik, Semarang, Jumat siang 2 Agustus 2024.

Dia mengatakan, dengan modal dukungan enam partai politik dan perolehan 20 kursi DPRD Kota Semarang, dia yakin peluang Yoyok Sukawi untuk menang di Pilwakot Semarang 2024 semakin terbuka lebar.

“Kalau kita hitung modal dasar kita, 6 partai ada 20 kursi, itu 362 ribu suara, setara dengan 38 persen suara partai dalam Pemilu 2024. Sehingga kita ingin menargetkan pasti di atas 50+1 suara,” ujar dia.

Dengan ini, koalisinya tinggal menambah 13 persen suara agar Yoyok Sukawi bisa melenggang mulus dan terpilih sebagai wali kota Semarang. Dia optimistis target tercapai setelah melihat soliditas enam partai pengusung tersebut.

“Ini sudah 38, berarti tinggal 12 persen lagi + 1. Saya kira dengan soliditas partai-partai yang sejak awal sudah solid ini, untuk mencapai 50+1 untuk kemenangan, saya kira kita bisa ukir kemenangan di Kota Semarang,” kata Suharsono.

Enam partai politik pengusung Yoyok Sukawi di Pilwakot Semarang 2024 terdiri dari Demokrat (enam kursi di DPRD Kota Semarang), PKS (enam kursi), PKB (lima kursi), PAN (satu kursi), Nasdem (satu kursi), dan PPP (satu kursi).

Baca juga Yoyok Sukawi Hadiri Pelantikan PWNU Jateng, Dukung Khidmah NU Membangun Peradaban

Saat ini masih ada dua partai yang belum menentukan arah dukungan, yaitu PDIP dan Gerindra. Sedangkan Golkar (empat kursi) dan PSI (lima kursi) telah mendeklarasikan untuk mengusung Bupati Kendal, Dico M Ganinduto.

Saat disinggung terkait peluang Gerindra gabung koalisi, Suharsono menegaskan bahwa Koalisi Semarang Maju masih terbuka dengan partai lain yang belum memutuskan sikap dan dukungan.

“Enam partai Koalisi Semarang Maju saya kira masih terbuka, kita belum menutup peluang. Partai-partai yang belum menentukan jagonya akan kita ajak. Semuanya berpeluang masih sekitar 25 hari lagi kan menuju pendaftaran,” ucap Anggota DPRD Kota Semarang tersebut.

Dia mengatakan, saat ini komunikasi politik dengan Gerindra maupun PDIP berjalan dengan baik. Namun karena PDIP dengan raihan 14 kursi bisa mengusung calon sendiri, pihaknya berharap Gerindra bisa merapat ke Koalisi Semarang Maju.

“Tentu nanti pada satu titik Gerindra akan menentukan pilihan, bisa bersama dengan Mas Yoyok ataupun calon lainnya. Yang pasti enam partai tidak akan selesai di sini kita akan bersama-bersama dengan partai lainnya,” tandas Suharsono.

Hery Priyono