Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jateng 1, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya bersama Anggota DPD Jateng terpilih, Taj Yasin Maimoen, menghadiri acara Pelantikan PWNU Jateng 2024 - 2029 di Auditorium Unissula, Sabtu 3 Agustus 2024. Foto: Istimewa/KSM

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Jajaran Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah (Jateng) masa khidmah 2024-2029 resmi dilantik di Auditorium kampus Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Sabtu 3 Agustus 2024.

Anggota Komisi X DPR RI Dapil Jateng 1, Alamsyah Satyanegara Sukawijaya atau yang akrab disapa Yoyok Sukawi hadir sebagai tamu undangan dalam pelantikan yang bertema “Berkhidmah Bermartabat Membangun Peradaban” tersebut.

Dirinya mengucapkan selamat dan sukses atas dilantiknya pengurus baru PWNU Jateng masa khidmah 2024-2029. Yoyok berharap para ulama nahdliyin dapat mengemban amanah dan menjalankan tugasnya dengan baik.

“Selamat dan sukses atas dilantiknya jajaran pengurus PWNU Jawa Tengah periode 2024-2029. Semoga NU bisa terus melanjutkan pengabdiannya untuk bangsa sebagaimana yang telah dilakukan selama ini,” ujarnya usai prosesi pelantikan.

Menurut Yoyok, NU memiliki sejarah yang panjang. Sebagai organisasi masyarakat, NU telah memberikan banyak kontribusi dalam membangun peradaban bangsa dan menjaga keutuhan NKRI. Berbagai program dan kegiatan yang dijalankan juga sangat membantu masyarakat.

“Kita mengenal NU sebagai ormas yang konsen dalam pemberdayaan masyarakat, baik dalam pendidikan, keagamaan, budaya, dan kesejahteraan sosial. Spirit dalam membangun peradaban inilah yang harus kita dukung bersama,” ungkapnya.

Lebih lanjut Yoyok Sukawi berharap, PWNU Jateng kedepannya dapat bekerja sama dan berdiskusi mengenai persoalan-persoalan yang ada di Jawa Tengah. Harapannya juga terbentuk suatu program kolaborasi, terutama dalam bidang pendidikan.

“Harapannya ke depan bisa bekerja sama, bersama-sama berkolaborasi, kebetulan saya di Komisi DPR juga membidangi masalah pendidikan. Ini sesuai dengan konsepnya NU, harapannya bisalah kita bikin program bareng-bareng,” ucapnya.

Pelantikan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh, kiai, dan tamu undangan. Hadir Mustasyar PBNU KH Ahmad Mustofa Bisri, Rais Syuriyah PBNU KH Aniq Muhammadun, Katib Aam KH Ahmad Said Asrori, Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf, Sekretaris Jenderal H Saifullah Yusuf, dan Bendahara Umum H Gudfan Arif.

Hadir pula dalam acara ini Wakil Menteri Pertanian Sudaryono, Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Kakanwil Jateng Mustain Ahmad, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, Kepala Kejaksaan Tinggi Jateng, Ketua Umum Yayasan Unissula Bambang Tri Bawono, dan Rektor Unissula Prof Gunarto.

PWNU Jateng masa khidmah 2024-2029 dinakhodai oleh KH Ubaidillah Shodaqoh sebagai Rais Syuriah dan dan H Abdul Ghaffar Razin sebagai Ketua Tanfidziyah. Pelantikan ini juga diikuti ribuan undangan dari PCNU dan PMWCNU se-Jawa Tengah.

Hery Priyono