Fasilitas air bersih di Dusun Kemloko, Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Foto: Pendam

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pangdam IV/Diponegoro, Mayjen TNI Deddy Suryadi, menghadiri peresmian 2.664 titik sumber air pada program TNI AD Manunggal Air. Acara dipimpin langsung oleh Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, yang digelar serentak di seluruh Indonesia.

Dalam peresmian tersebut Pangdam hadir di titik lokasi pembangunan fasilitas air bersih di Dusun Kemloko, Desa Bergas Kidul, Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang. Hadir juga Danrem 073/Mkt, Aster Kasdam unsur Forkopimda Kabupaten Semarang, aparat desa dan masyarakat.

Diketahui, program TNI AD Manunggal Air ini bertujuan untuk menyediakan fasilitas air bersih bagi masyarakat di daerah-daerah yang mengalami kesulitan air, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan masyarakat.

Kapendam IV/Diponegoro, Letkol Inf Andy Soelistyo mengungkapkan, Pangdam IV/Diponegoro sangat mengapresiasi inisiatif Kasad dalam mewujudkan program ini. Kerja sama antara TNI, pemerintah daerah, dan masyarakat dalam menjaga dan memanfaatkan sumber air yang telah disediakan. Beliau juga mengapresiasi kerja keras seluruh prajurit dan berbagai pihak yang terlibat dalam program ini.

“Program TNI AD Manunggal Air ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama di wilayah yang sulit mendapatkan air bersih. Kami Kodam IV/Diponegoro siap mendukung penuh program ini demi kesejahteraan masyarakat,” ungkap Kapendam, Rabu (31/7/2024).

Selain peresmian titik sumber air, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemberian bantuan sembako kepada warga.

Ning S