Labuhan sedekah laut Sura Tahun Je 1958 di Pantai Sembukan, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri. Menyeratakan barisan Putri Domas dalam prosesi kirab labuhan.(Dok.Ist Eko Sunarsono)

PANTAI SEMBUKAN PARANGGUPITO yang menjadi objek wisata spiritual di Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jateng, dipercaya sebagai salah satu Gerbang Keraton Kanjeng Ratu Kidul. Yakni tokoh legenda yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa (Jatim, Jateng dan Jabar) dan Pulau Bali.

Di sepanjang pesisir selatan Pulau Bali dan Jawa, disebutkan setidak-tidaknya ada 17 lokasi yang dipercayai sebagai Gerbang Keraton Ratu Kidul. Diantaranya Pantai Nusa Penida Bali, Pantai Parang Kursi di Ringinagung, Pesanggrahan, Banyuwangi (Jatim), Gunung Kembang (Lumajang), Pantai Gondo Mayit (Blitar), Kali Dawir (Tulung Agung) dan Pantai Sine. Berikut Pantai Watu Karung (Pacitan), Pantai Sembukan Paranggupito (Wonogiri, Jateng), Pantai Ngobaran (Gunungkidul), Parangkusumo (Yogyakarta), Pelabuhan Ratu Sukabumi (Jabar).

Pemilik hotel di pantai selatan Jawa dan Bali, menyediakan ruang khusus bagi Sang Ratu. Yakni Kamar 327 dan 2401 di Hotel Grand Bali Beach yang dirawat dan diberi hiasan serba warna hijau, yang setiap hari dilengkapi suguhan (sesaji) sebagai persembahan untuk Ratu Kidul.

Hal sama juga dilakukan di Kamar Nomor 303 Hotel Inna Samudera Beach di Pelabuhan Ratu, Sukabumi, Jabar, yang di dalamnya dipajang lukisan Kanjeng Ratu Kidul karya Seniman Kesohor Basuki Abdullah. Untuk Yogyakarta, di Kamar Nomor 33 Hotel Queen of The South di dekat Pantai Parangtritis.

Sementara itu, di Pantai Sembukan Paranggupito, terletak 70 Kilometer arah selatan Ibukota Kabupaten Wonogiri, atau sekitar 100 Kilometer dari Keraton Surakarta Hadiningrat, dibangunkan rumah Paseban (pendapa) lengkap dengan kamar khusus. Di pantai yang terletak di bibir Laut Selatan ini, setiap Tanggal 1 Sura, selalu diadakan tradisi adat Labuhan Sedekat Laut.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wonogiri, Eko Sunarsono, menyatakan, Labuhan di Pantai Sembukan Tanggal 1 Sura Tahun Je 1958, digelar Minggu (7/7/24).

Diawali prosesi kirab pembawa sesaji kepala kerbau atau kepala sapi, termasuk usungan gunungan ulu pemetu (aneka ragam hasil bercocok tanam), untuk dilabuh ke laut. Juga menyertakan Songsong Agung (payung kebesaran), barisan Putri Domas dan pangombyong (peserta kirab) berbusana Kejawen. Malam harinya digelar wayang kulit semalam suntuk di Paseban.

Angin Besar

Budayawan Jawa peraih Anugerah Bintang Budaya Kanjeng Raden Arya (KRA) Drs Pranoto Adiningrat MM yang juga Abdi Dalem Keraton Surakarta Hadiningrat, pernah beberapakali memimpin Labuhan Sedekat Laut di Pantai Paranggupito. Yakni saat menjabat sebagai Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Olahraga (Disparpora) Kabupaten Wonogiri.

Suasana keramaian saat dilakukan tradisi Labuhan Sedekah Laut Sura Tahun Je 1958, di Pantai Sembukan, Kecamatan Paraggupito, Kabupaten Wonogiri.(Dok.Ist Eko Sunarsono)

Pantai Sembukan Paranggupito, diyakini sebagai Gerbang Ratu Kidul, saat akan bertandang ke Keraton Surakarta Hadiningrat. Momentum bertandang ke Keraton Surakarta, sering ditandai kemunculan angin besar dari Laut Selatan menuju ke utara, melewati wilayah Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo. Untuk Tahun Je 1958, angin besar muncul pada Hari Sabtu sore (6/7/24) mengarah ke utara.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan sosok agung yang dimuliakan dan dihormati. Itu sebagaimana dituliskan di sejumlah kepustakaan, seperti Serat Darmo Gandul, Babad Kadhiri, Babad Tanah Jawi, Babad Diponegoro dan Serat Centhini.

Disebutkan, Kanjeng Ratu Kidul (bukan Nyi Roro Kidul) awalnya adalah Putri Kencanasari dari Kerajaan Pajajaran, yang diusir dari keraton karena menjadi korban fitnah ibu tirinya. Selanjutnya, dia bertapa meminta keadilan penguasa alam semesta, dan dikabulkan menjadi Ratu Abadi Penguasa Laut Selatan.

Sejak Danang Sutawijaya (Panembahan Senapati), Kanjeng Ratu Kidul menjadi istri spiritual Raja-raja Mataram Islam Tanah Jawa, baik Raja di Kasunanan Surakarta (Paku Buwana/PB) maupun Raja-raja di Kasultanan Yogyakarta (Hamengku Buwono/HB).

Dari kepercayaan tersebut, diciptakan Tari Bedhaya Ketawang (pada masa PB I), yang digelar setiap upacara besar Tingalan Jumenengan (peringatan naik tahta) Raja Surakarta. Tarian sakral tersebut, diyakini sebagai persembahan kepada Kanjeng Ratu Kidul. Saat itu, Raja Surakarta duduk di samping kursi kosong yang disediakan untuk Kanjeng Ratu Kidul.

Saat Sultan HB IX wafat meninggal pada Tanggal 3 Oktober 1988, Majalah Tempo menulis bahwa para abdi dalem keraton melihat penampakan Kanjeng Ratu Kidul, untuk menyampaikan penghormatan terakhirnya kepada Sri Sultan, sebelum kemudian dimakamkan di Pajimatan, Imogiri, Bantul, Yogyakarta (Makam Raja-Raja Yogyakarta dan Raja-raja Surakarta).

Bambang Pur