blank
Ilustrasi cara mengecilkan perut buncit secara alami. Foto: Dok/Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Bagi kamu yang memiliki perut buncit, tentu merasa tidak percaya diri dalam berpenampilan. Manusia akan melakukan berbagai cara untuk bebas dari perut buncit.

Tak hanya menurunkan rasa percaya diri, memiliki perut buncit juga memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Karena dengan bertumpuknya lemak akan menyebabkan tubuh lebih mudah terkena penyakit, seperti diabetes, serangan jantung, obesitas, dan kolesterol.

Perut buncit terjadi karena konsumsi kalori yang meningkat hingga berubah menjadi lemak. Biasanya, diet dan olahraga adalah cara yang paling populer untuk mengatasi perut buncit. Namun, cara mengecilkan perut buncit juga bisa dilakukan secara alami.

Melansir dari Halodoc, ada beberapa cara mengecilkan perut buncit secara alami, antara lain,

1. Perbanyak asupan serat dan protein
Tidak ada makanan atau minuman yang secara instan mampu mengecilkan perut. Namun, kamu harus memperhatikan setiap asupan makanan sehari-hari.

Pastikan kamu meningkatkan asupan makanan tinggi protein dan serat. Jenis makanan diet ini akan membantu kamu menurunkan berat badan dengan membuat tubuh kenyang lebih lama.

Oat, oatmeal, serta buah-buahan dan sayuran seperti alpukat, apel, sawi, mangga, jambu biji, dan kol adalah beberapa contoh makanan yang mengandung tinggi serat. Sementara protein, kamu dapat menemukannya pada makanan seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, dan kacang-kacangan.

2. Rutin berolahraga
Semakin banyak kalori yang masuk ke dalam tubuh, seharusnya semakin banyak latihan atau aktivitas fisik yang diperlukan. Tujuannya untuk mencegah tubuh menyimpan kalori tersebut sebagai lemak. Oleh karena itu, olahraga menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit yang efisien.

Rutin berolahraga juga menjadi cara alami yang mampu mengecilkan perut secara efektif, tentunya jika kamu rutin melakukannya setiap hari.

3. Batasi makanan dan minuman manis
Tubuh manusia dapat dengan cepat menyerap gula yang berasal dari makanan atau minuman manis sehingga menyebabkan kadar insulin meningkat. Minuman dan makanan manis memiliki pengaruh pada penambahan berat badan, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Lebih baik, konsumsi gula yang berasal dari gula alami. Misalnya, mengkonsumsi buah apel secara langsung daripada minum jus apel manis.

4. Kurangi karbohidrat
Selain membatasi makanan manis, cara alami mengecilkan perut lainnya adalah diet rendah karbohidrat. Hindari mengkonsumsi karbohidrat sederhana, seperti makanan bertepung dan makanan cepat saji, karena dapat meningkatkan jumlah timbunan lemak di perut.

Pilihlah makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Jangan lupa minum air putih yang cukup dan jauhi makanan yang tinggi garam.

5. Kualitas tidur yang cukup
Semakin sedikit waktu untuk tidur, semakin besar kemungkinan kamu mengalami penambahan berat badan. Jadi, istirahat yang cukup adalah salah satu cara alami untuk mengecilkan ukuran perut.

Tidur melebihi batas normal juga berisiko mengalami perut buncit. Normalnya, manusia tidur selama 7-8 jam setiap malam. Faktanya, jumlah tumpukan lemak perut akan meningkat lebih besar pada mereka yang tidur kurang dari 6 jam atau lebih dari 7 jam setiap hari.

Itulah cara mengecilkan perut buncit secara alami. Apabila kamu mengalami masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung pada dokter tepercaya.

Ning S