blank
Para peserta Friendship Run sedang mengambil race pack di Hotel Room Inc Semarang. Foto: bormar

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Setelah sebelumnya digelar di Jakarta dan Bandung, Bank Jateng Friendship Run, akan menyapa Kota Semarang, Minggu (25/6/2023).

Kegiatan ini merupakan rangkaian acara untuk menyambut lomba lari Borobudur Marathon 2023 Powered by Bank Jateng, yang bakal dilaksanakan pada 19 November 2023, di Kabupaten Magelang.

Friendship Run di Semarang diisi dengan lari bersama sejauh 5 kilometer, yang diikuti sekitar 1.000 peserta. Para runner akan mulai berlari dari gedung bersejarah Lawang Sewu, melewati sejumlah ruas jalan utama Kota Semarang, lalu finish di lokasi yang sama dengan titik start.

BACA JUGA: Sepak Bola Kita, dalam Kebebasan Rindu dan Mimpi…

Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, mengaku surprise dengan antusiasme warga Kota Semarang, dalam menyambut event berlari dalam napas persahabatan ini. Pasalnya, jauh-jauh hari tiket kepesertaan Friendship Run di Semarang, sudah sold out.

”Artinya, minat masyarakat di Semarang dan sekitarnya mengikuti Friendship Run sangat tinggi. Harapan saya, mereka juga banyak yang lolos undian, untuk menjadi peserta di Borobudur Marathon (Bormar) November nanti,” kata Liem Chie An, dalam keterangannya di Semarang, Sabtu (24/6/2023).

Dia menjelaskan, setelah pandemi covid-19 berlalu, greget berolahraga di Tanah Air mulai terasa. Liem Chie An optimistis, kuota peserta Borobudur Marathon sebanyak 10 ribu orang, bisa terpenuhi.

BACA JUGA: Tragis, karena Cemburu Tersangka Injak Leher Mantan Pacar hingga Tewas

blank
Para pelari sedang mengikuti acara The Tour Sabtu pagi sebelum acara Friendship Run besok. Foto: bormar

Menurutnya, Bormar 2023 akan melombakan nomor lari 10K, Half Marathon dan Marathon. Yang menggembirakan, lomba lari yang mengusung tagline ‘Voice of Unity’ ini, akan diikuti para pelari asing.

Dalam Friendship Run di Semarang besok, para peserta akan mendapat jersey unik, yang dibuat melalui kolaborasi dengan seniman lokal Magelang. Para peserta juga diberi kesempatan untuk memakai kostum unik saat berlari, karena panitia bakal memilih peserta dengan best costume.

Untuk menambah semangat para pelari, di sepanjang rute terdapat sejumlah titik cheering, yang diisi dengan pentas kesenian. Para peserta juga dihibur dengan penampilan Marching Band Gita Muda Wiratama, dari SMA Negeri 3 Semarang, serta pentas Tari Semarang Hebat.

BACA JUGA: UMKM tetap Jadi Andalan Perekonomian Jepara

Media Officer Friendship Run, Rifai menjelaskan, usai berlari, peserta Friendship Run bisa menikmati sajian kuliner asal Magelang yang sudah dikurasi, yakni Ayam Bakar Nyresep, Soto Bebek Mangap, Kupat Tahu Yu Nah, Dawet Ireng Ketan Hijau Nak Robil, serta Jamu Gendhis Arum.

Mereka juga bisa menikmati sejumlah aktivitas menarik, termasuk mencoba instalasi interaktif, yang dibuat seniman asal Magelang.

”Berbagai sajian itu diharapkan bisa membuat para peserta Bank Jateng Friendship Run bergembira bersama, dan kian antusias menyambut ajang Borobudur Marathon 2023 pada November mendatang,” tambahnya.

Sebelumnya, acara itu sudah digelar di Jakarta pada 21 Mei 2023, serta Bandung pada 4 Juni 2023. Setelah digelar di Semarang, acara serupa akan dilaksanakan di Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Makassar, Banjarmasin, Medan, dan Palembang.

Riyan