Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK,SH, Msi. mendampingi  Wakil Walikota Surakarta Tegtuh Prakosa dan juga didampingi Komandan Kodim 0735 Surakarta Letkol Inf Devy Kristiono SE sedang memberikan keteranbgan terkait Ops Ketupat Candi 2023 di wilayah setempat. Foto: Bagus Adji

SURAKARTA (SUARABARU.ID)- Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta melaksanakan operasi (Ops) Ketupat Candi 2023 dengan melibatkan 1.116 personel  terdiri Polri, TNI , Dishub, Satpol PP dan istansi terkait dalam rangka Lebaran 1444 H mulai 18 April hingga 1 Mei 2023.

Kegiatan ini ditandai dengan digelarnya Apel Gelar Pasukan Ops Ketupat Candi  dipimpin Wakil Walikota Surakarta Drs Teguh Prakosa didampingi Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK,SH, Msi di halaman Mapolresta setempat, Senin (17/4/2023).

Wakil Walikota Teguh Prakosa didampingi Kapolresta Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK,SH, Msi dan Dandim 0735 Letkol Infantri Devy Kristiono SE ketika ditemui usai gelar pasukan dan pemusnahan barang bukti mengatakan, dalam rangka menyikapi  lebaran 1444 H Kapolri dalam amanatnya menghimbau seluruh jajaran Polri sampai stakeholder di tingkat kabupaten /kota  untuk menyiapkan pengamanan dengan sebaik baiknya.

TNI Polri dan Pemkot Surakarta  harus menjaga kondusifitas , kenyamanan dan keamanan kepada masyarakat yang lewat maupun tinggal diwilayah setempat. Ini menjadi pedoman penting Permkot Surakarta dengan seluruh stakeholder terkait untuk benar benar mengamankan mudik lebaran  2023. Sebagaimana diketahui untuk tahun ini jumlah pemudik meningkat sekitar 44 persen, jelasnya.

Kapolresta Surakarta Kombes Pol Iwan Saktiadi SIK,SH, Msi menjelaskan, jumlah pemudik ke Jawa Tengah  khususnya ke Solo Raya mengalami peningkatan cukup signifikan. Kota Solo merupakan epicentrum-nya pemudik  walau nantinya akan menyebar ke seluruh wilayah Solo Raya.

Hal demikian karena terminal bus Tirtonadi menjadi titik ketibaan  mudik gratis dari pemerintah. Mengenai kesiapan pengamanan, personil TNI dan Polri  akan tergelar  pada lima pos pengamanan dan pelayanan.