blank

JEPARA(SUARABARU.ID) – Sebanyak 624 siswa madrasah aliyah (MA) di Jepara, Kamis 915/12/2022) ini, bersaing dalam Olimpiade Madrasah Nahdlatul Ulama (OMNU) XII. Digelar secara daring melalui aplikasi Examora, kompetisi ini dibuka Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jepara, Moh Habib. Pembukaan di MA Mathalibul Huda Mlonggo, dihadiri Plh. Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU Kabupaten Jepara Muallimin, pengurus KKMA 02 Jepara, dan pengurus KKMTs 02 Jepara.

Ketua KKMA 02 Jepara Ahmad Shokib mengatakan, OMNU adalah kompetisi akademis untuk siswa MA di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Jepara. Peserta omnu ke-12 tahun ini, 624 siswa yang bersaing di 18 mata pelajaran. Mereka berasal dari 44 MA di bawah naungan LP Ma’arif NU se-Kabupaten Jepara.

blank

“Kegiatan ini bisa kita gunakan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan kita mengelola potensi siswa madrasah,” kata Ahmad Shokib dalam laporannya.

Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Jepara Moh Habib saat membuka kompetisi tersebut mengatakan, prestasi siswa merupakan cerminan prestasi guru. Dia berharap kompetisi ini benar-benar membuahkah peningkatan prestasi madrasah.

“Setiap ada yang akan menggelar kegiatan, selalu saya tanya target dan hasil terukurnya akan seperti apa. Harus ada nilai manfaat dan hasil dari setiap kegiatan yang kita lakukan,” kata Moh Habib.

blank

OMNU dia yakini akan membawa manfaat untuk penjaminan mutu KKMA 02 dan lingkungan pendidikan madrasah secara umum. Apalagi olimpiade itu sudah tradisi yang dilaksanakan oleh KKMA 02 dan LP Ma’arif NU.

“Hasil olimpiade ini bisa kita gunakan untuk mengetahui sejauh mana hasil belajar dan pembelajaran madrasah masing-masing, juga sejauh mana hasil madrasah dalam menumbuhkembangkan tradisi berprestasi,” tambahnya.

Dia juga berharap kompetisi ini menjadi salah satu pelecut keberhasilan MA mengantarkan sebanyak mungkin siswanya masuk perguruan tinggi negeri. “Ke depan harus makin banyak mahasiswa perguruan tinggi negeri yang tunjuk tangan saat misalnya kita bertanya ‘ini siapa saja yang berasal dari MA?’,” kata Habib.

Akl