blank
ilustrasi tulang ikan. Foto: Pixabay

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Setelah menyantap ikan, kita biasa menyisakan tulang-tulangnya karena dianggap tidak berguna dan bahkan tak jarang, lebih memilih ikan-ikan yang mengandung sedikit tulang supaya terhindar dari duri yang akan berpotensi tersangkut di tenggorokan.

Dilansir dari Suara.com, sisa tulang-tulang ikan memang tampak tidak bernilai dan bahkan berbahaya. Namun siapa yang menyangka, tulang ikan justru memberikan sejumlah manfaat tersembunyi bagi manusia. Dirangkum dari berbagai artikel, berikut adalah 4 manfaat tulang ikan yang mesti kita ketahui!

1. Perkuat tulang dan gigi

Alasan pertama mengapa tulang ikan jangan langsung dibuang begitu saja, adalah dapat memperkuat tulang dan gigi. Disebutkan npr.org, tulang ikan sendiri kaya akan sejumlah nutrisi seperti vitamin A, zat besi, asam omega 3, zinc, dan kalsium yang sangat baik untuk memperkuat kekuatan tulang dan gigi, terkhususnya anak-anak yang mengalami pertumbuhan.

Baca Juga: Buah Langka Kaya Manfaat, Lima Manfaat Buah Kenitu Bagi Kesehatan

Menurut Kimora, terdapat tiga jenis ikan yang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak, yakni ikan bandeng, salmon, dan ikan sidat/belut. Perlu diingat buns, sisa-sisa tulang ikan dapat dikukus atau digoreng terlebih dahulu supaya lebih aman dikonsumsi si kecil.

2. Camilan enak

Jika bunda-bunda masih khawatir memberikan si kecil tulang ikan. Rupanya masih ada cara yang jauh lebih aman dalam mengonsumsi sisa-sisa tulang ikan tersebut, yakni dikreasikan menjadi camilan unik dan lezat seperti kerupuk dan keripik tulang ikan.

Di Jepang, hone senbei atau lebih dikenal keripik dari tulang ikan goreng disebut-sebut menjadi salah satu camilan terbaik selain keripik kentang dan singkong.

Baca Juga: Dapat Mencegah Kanker, Tujuh Manfaat Daun Kemangi

3. Pakan ternak

Tulang-tulang ikan baik itu dari hasil pengolahan pabrik ataupun ikan yang tidak layak dikonsumsi ternyata dapat sulap menjadi pakan ternak. Caranya adalah dengan mengerikan sisa-sisa tulang tersebut dan kemudian digiling hingga menjadi tepung.

Lebih lanjut, kandungan dalam tulang ikan yang sudah diolah menjadi tepung sendiri memiliki zat-zat esensial yang berguna bagi kesehatan ternak, terutama unggas.

Nah, sayang bangetkan bila sisa-sisa limbah tulang ikan tersebut dibuang begitu saja.

Baca Juga: Membantu Meredakan Jerawat, Tujuh Manfaat Habbatussauda

4. Cegah osteoporosis

Menurut Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan menyebutkan bahwasanya sisa tulang-tulang ikan nila memberikan sejumlah manfaat bagi tubuh manusia, salah satu kandungan mineral yang terdapat di dalam tulang ikan nila adalah potassium dan fosfor. Fosfor merupakan mineral penting yang merupakan bagian dari perkembangan dan pertumbuhan materi tulang.

Kandungan ini juga merupakan elemen penting untuk memelihara gigi dan kuku serta menjaganya agar tetap kuat dan tahan lama hingga tua.

Itulah tadi 4 manfaat tulang ikan. Nah, banyak sekali deretan manfaat dari tulang ikan.

Claudia